Saturday, January 9, 2016

Bertani Melon Bagi yang Belum Mengetahuinya


Penjelasan singkat sebelum membahas mengenai bertani melon, buah melon adalah salah satu buah yang sudah tidak asing lagi yang di dengar oleh telinga kita dengan rasa yang khas itulah yang membuat buah melon ini di gemari oleh setiap orang, dengan harga yang beragam, dan rasa yang berbeda membuat setiap orang memilih untuk mendapatkan sebuah melon yang enak untuk dikonsumsi, dan ada lagi jenis melon yang sangat terkenal yaitu melon christianism, melon surprise, dan masih banyak lagi akan tetapi melon bukan hanya memiliki 1 jenis, tetapi mempunyai 2 jenis yaitu:

- Winter melon
- Netted – Melon

Lalu bagaimana caranya untuk bertani melon?

Cara ini bukanlah semudah yang kita bayangkan kita harus bisa mengkondisikan dengan iklim, dan cuaca yang sedang kita alami dan kita harus mempunyai lahan yang cukup besar untuk kita tanami dengan tanaman melon, lalu apa sajakah syarat tumbuh agar menjadi buah yang bagus untuk dihasilkan oleh para petani? Yang harus diperhatikan saat menanam tumbuhan melon yaitu:

- Tanaman melon sangatlah perlu penyinaran matahari dengan baik.
- Tingkat kelembaban udara tidak tinggi. 
- Dan menyiramnya dengan teratur.

Akan tetapi hal apa sajakah yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman melon?

- Curah hujan yang tinggi 

Curah hujan yang tinggi sangat mengakibatkan tanaman melon gagal panen dan alhasil buah melon pun sangat rusak dan tidak dapat di konsumsi oleh manusia.

- Angin yang Bertiup Kencang

Kalau angin yang bertiup secara sejuk akan menghasilkan buah melon yang baik, akan tetapi bila angin yang bertiup secara kencang maka hasilnya pun dapat merusak bagian daun melon, batang, dan tangkai buah.

- Kelembaban Udara yang Tinggi

Tingkat kelembaban udara yang tinggi ini yaitu salah satu yang dapat membuat para petani jengkel, karena sudah berlama – lama menunggu panen lalu terjadinya kelembaban udara yang tinggi ini justru menghasilkan penyakit dan hasilnya pasti gagal panen.

Lalu yang harus di perhatikan yaitu media tanam dalam bertani melon, yaitu :

- Memilih jenis tanah, yaitu tanah berjenis liat berpasir yang mengandung bahan organik untuk mempermudah akar tanaman mekar/berkembang, karena tanaman melon tidak bisa di tanam pada tanah yang basah/lembab

- Dan tanaman melon sangat membutuhkan air yang banyak akan tetapi bukan air hujan, yang di butuhkan oleh tanaman melon yaitu sumber air dari irigasi.

- Untuk melon yang tumbuh dengan baik apabila jumlah PH nya 5,8-7,2

Dan pada dasarnya di Negara Indonesia ini sangat terkait perekonomiannya dengan pertanian dan sumber daya alam, termasuk juga dengan menanam buah melon, yang setiap tahunnya ada yang di sebut pasca panen, yaitu suatu kegiatan yang di lakukan petani setelah melon panen. Lalu setelah itu juga ada kegiatan yaitu, berupa pengumpulan pada suatu tempat yang akan mereka kirim ke pasar tradisional dan pasar modern. Lalu yang terakhir yaitu penyortiran/pengecekan, Melon yang tadi sudah di kirim lalu di cek, apakah melon tersebut layak untuk dikonsumsi/tidaknya, serta mengecek kondisi melon harus utuh dan tidak cacat sedikit pun, maka dari itulah yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang berniat untuk bertani melon,Cukup sulit bila di bayangkan, akan tetapi buah melon ini kaya akan manfaat yaitu kandungan vitamin C yang tinggi.

No comments:

Post a Comment