Monday, August 29, 2016

Cara Menanam dan Mengembangkan Bunga Sedap Malam


Bunga sedap malam merupakan komoditi pasar yang masih disukai bagi para penghobi maupun dari kalangan masyarakat, bunga ini memiliki berbagai jenis warana ada yang berwarna kuning, putih, ungu dan merah. Namun yang sering kita temui di pasaran yaitu bunga yang berwarna putih. Selain dimanfaatkan sebagai hiasan ternyata sedap malam juga menjadi bahan pembuatan bibit parfum, tentunya haga yang di bandrol bila telah diolah menjadi bibit parfum bisa berlipat - lipat dari harga bunga yang belum diolah. Sehingga peluang pasar untuk menanam bunga sedap malam semakin besar apalagi  bagi kita yang hidup di Indonesia yang memiliki iklim tropis yang cocok sebagai tempat pertanian dan juga dikalangan luar nama Indonesia telah terkenal sebagai pengekspor tumbu-tumbuhan yang akan menjadi cikal bakal parfum. Ada beberapa tahapan bila kita ingin membudidayakannya.

Bunga sedap malam bisa berkembang dengan baik di daerah dataran sedang dan tinggi yang memiliki  suhu kisaran 15 samapi 25 derajat celcius dan memiliki tingkat keasaman tanah antara 5,0 sampai 5,5 pH. Dalam peroses pembudidayaan hal pertama yang perlu diketahui yaitu bagaimana cara mendapatkan bakal bibit dari bunga sedap malam. Bunga sedap malam sendiri termasuk tumbuhan yang memiliki umbi sehingga bakalan bibit dapat diambil dari umbinya, dalam pengambilan umbi dapat dilakukan apabila pohon telah berusia 2 tahun dan ketika mengambilnya jangan sampai melukai umbinya. Peroses pembibitan baru bisa dikatakan berhasil apabila umbi mengeluarkan tunas, penumbuhan tunas sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 2 sampai 3 bulan setelah pengambilan umbi.

Jika umbi sudah mengeluarkan tunas barulah persiapan lahan penanaman baru dilakukan, bunga sedap malam dapat berkembang dengan baik di lahan yang gembur dan memiliki hormon yang baik. Setelah peroses  penanaman jangan lupa untuk memberi pupuk kandang pada lahan agar tanah menjadi lebih subur. Hal yang lebih menarik dari budidaya bunga sedap malam yaitu bunga ini dapat bertahan segar walaupun telah dipotong dan diletakkan di dalam pot yang diberi air selama 10 sampai 15 hari atau bisa dikatakan sebagai bunga abadi.

No comments:

Post a Comment