Monday, August 29, 2016

Menanam Seledri dengan Sistem Hidroponik


Banyak dari kita yang beranggapan bahwa seledri hanya dapat digunakan sebagai bahan tambahan sup, soto dan masakan lainnya, namun dibalik itu seledri memiliki berbagai macam manfaat yang besar yang diperlukan bagi tubuh manusia. Ada berbagai macam cara menanam seledri ada yang memakai media tanah ada pula yang memakai media  air atau yang sering disebut hidroponik. Hal ini tentunya sangat membantu bagi kita yang tidak memiliki lahan tanah yang kosong, dengan adanya media penanaman hidroponik kita dapat menghemat tempat dengan maksimal namun biaya untuk membuat hidroponik sendiri memang masih cukup mahal, ada yang menggunakan pipa paralon dan ada pula yang menggunakan bambu. Dalam penanamannya pupuk tidak boleh tertinggal karna menjadi sumber makanan dari seledri, bila kita ingin menanam dengan metode hydroponik bisa melihat langkah-langkah yang perlu di persiapkan untuk menanamnya, diantaranya:

- Pipa paralon atau bambu

paralon sendiri berguna sebagai tempat bersirkulasinya air dengan sempurna, dalam perancangannya pipa harus saling terhubung sehingga air dapat mengalir dengan baik serta berilah lubang pada paralon untuk meletakkan net pot, net pot sendiri nantinya akan di isi oleh pohon seledri. Setiap net pot berisi 2 sampai 3 batang bibit hal ini bertujuan agar tidak terlalu penuh.

- Pompa air 

Pompa air sendiri berguna sebagai alat pensirkulasi air sehingga air dapat berputar terus menerus tanpa mengurangi air tersebut.

- Perawatan 

Untuk peroses perawatan sendiri tidak terlalu sulit karena kita cukup menjaga jumlah volume airnya biasanya pada musim kemarau atau cuaca sedang panas jumlah air yang berkurang akan semakin banyak begitu pula sebaliknnya. Disarankan jika jumlah seledri di tanam dalam jumlah yang banyak, sebaiknya dibuatkan atap agar terhindar dari air hujan dan juga panas matahari yang berlebih, sebenarnya penanaman seledri secara hidroponik ini merupakan metode penanaman yang paling sederhana dan mudah. Sehingga paling cocok bagi anda yang ingin mulai membudidayakannya, selain banyak manfaatnya seledri juga bisa di gunakan sebagai hiasan rumah anda untuk menambah kesan rimbun dan sejuk.

No comments:

Post a Comment