Saturday, February 11, 2017

Langkah Mudah Cara Menanam Bunga Melati yang Benar


Bunga melati putih di Indonesia sebagai simbol negara sering disebut bunga Puspa Bangsa. Bunga melati sampai sekarang masih sering digunakan untuk membuat dekorasi pernikahan dan aksesoris pada pasangan pengantin. Bunga melati memiliki bau wangi yang khas dan banyak juga digunakan sebagai parfum dan aromaterapi. Selain itu bunga Melati bermanfaat bagi kesehatan yaitu mencegah kolesterol, mencegah penuaan dini, mengobati stress.  mengobati sakit mata, mengobati sakit kepala, sesak nafas mengobati radang usus dan ginjal mengobati demam berdarah. Luar biasa bukan manfaat dari bunga melati ini. Nah, kalian pasti penasaran bagaimana cara menanam bunga melati yang benar agar bunganya banyak. 

Cara menanam bunga melati yang bisa dilakukan ada dua yaitu dengan menggunakan biji dan stek. Jika Anda menginginkan bunga melati cepat berbunga lebih baik menggunakan cara vegetative  yaitu dengan cara stek. Langkah-langkah menanam bunga melati yang benar dengan cara stek.

1. Pilihlah varietas bunga melati yang ingin Anda tanam

Ada berbagai varietas bunga melati yaitu jasminum nudiflorum (melati musim dingin), jasminum parkeri,  jasminum fruticans,  jasminum sambac. 

2. Pembibitan

Pembibitan bunga melati secara stek terlebih dahulu memilih bibit yang baik yaitu memilih batang bunga melati yang kondisinya baik, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.  Potong tangkai sekitar 10-15 cm dari ujung pucuk. Siapkan polybag yang sudah diisi tanah dicampur pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Tanam tangkai melati yang telah dipotong sedalam 5 cm. 

3. Penanaman Bibit Bunga Melati 

Setelah bibit tumbuh tunas baru dan mulai tumbuh baik dapat dipindahkan ke pot atau lahan pekarangan rumah. Jika bunga melati akan ditanam di pot bunga, Anda siapkan pot  besar dan isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Diamkan selama 1 minggu sebelum bibit melati di pindahkan ke pot. Jika diperkarangan rumah, maka buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dan kedalaman 20-25cm. Masukkan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi, biarkan lubang selama 1 minggu sebelum ditanami. Setelah pot atau lubang tanam didiamkan selama 1 minggu, bibit bunga melati dapat dipindahkan. Masukkan bibit ke dalam lubang secara perlahan, dan tutup dengan tanah sisa yang ada disekitar lubang. Siramlah setelah penanaman dilakukan. 

Cukup sekian langkah mudah cara menanam bunga melati yang benar sehingga bunga yang dihasilkan banyak. Bunga melati banyak manfaatnya bagi kehidupan kita selain sebagai tanaman hias rumah. Kalau Anda minat budidaya bunga melati bisa mencoba langkah-langkah  di atas.

No comments:

Post a Comment