Saturday, February 11, 2017

Teknik Mudah Cara Menanam Cengkeh yang Benar


Cengkeh merupakan salah satu komponen bumbu dapur untuk menambah cita rasa dan kenikmatan suatu masakan selain sebagai bahan baku pembuatan rokok. Melalui proses kimiawi cengkeh menghasilkan minyak atsiri yang berfungsi sebagai antimikroba dan anestesi. Cengkeh (Syzygium aromaticum) merupakan tanaman asli Indonesia, tanaman ini memiliki bunga yang beraroma khas terutama saat sudah kering. Selain di Indonesia tanaman cengkeh banyak dibudidayakan di India dan Sri Lanka. Bagaimana cara menanam cengkeh yang benar? Temukan jawabannya di paragraf berikutnya.

Adapun teknik mudah cara menanam cengkeh yang benar. 

1. Menyiapkan bibit cengkeh
Bibit cengkeh diperoleh dari biji berkualitas, tidak terserang hama, biji tua, bentuk baik dan ukurannya seragam, tidak basah, dan tidak dimakan kutu atau semut. Kupas kulit biji cengkeh selagi biji masih basah, dan cucilah sampai benar-benar tidak ada lendir. Kemudian jemur biji cengkeh di bawah sinar matahari sekitar 2 jam.

2. Menyemaikan biji cengkeh
Setelah biji cengkeh sudah dipilih sebagai bibit. Lalu, semaikan biji cengkeh pada media semai pada tanah yang digemburkan dan bentuk gundukan serta ditambahkan pupuk kandang sembari menggemburkan tanah. Lakukan penyiraman setelah bibit selesai disemai. Bibit cengkeh akan tumbuh pada umur 3-4 minggu setelah penyemaian. Setelah bibit tumbuh mencapai tinggi 10-15cm. Langkah selanjutnya pindahkan bibit ke polybag sampai bibit siap dipindahkan ke lahan tanam permanen. 

3. Penanaman
Setelah bibit cengkeh tumbuh tinggi sekitar 60 cm, tanaman cengkeh siap di tanam ke lahan permanen. Lahan penanaman permanen telah dipersiapkan sebelumnya dan diolah dengan baik supaya subur dan gembur. Buka polybag secara perlahan, dan masukkan bibit cengkeh ke lubang tanam. Lakukan penyiraman setelah semua bibit cengkeh selesai ditanam. 

4. Perawatan 
Meliputi pembersihan rumput-rumput di sekitar cengkeh yang ditanam, penyulaman pada bibit cengkeh yang mati setelah penanaman, pemupukan ulang pada masa tanam sebelum 1 tahun, pembasmian hama dan jamur dapat dilakukan dengan menyemprotkan herbisida dan fungisida sesuai takaran yang dianjurkan.

Itulah teknik mudah cara menanam cengkeh yang benar untuk menghasilkan tanaman cengkeh yang berkualitas. Agar hasil cengkeh berkualitas dan banyak kuncinya adalah pemilihan bibit cengkeh yang benar dan perawatan tanaman cengkeh yang baik dan benar.

No comments:

Post a Comment