Wednesday, March 1, 2017

Cara Menanam Ficus Repens yang Benar


Tanaman ini sering digunakan sebagai wall covering yang akan membuat dinding eksterior rumah terlihat lebih segar. Tanaman ficus repens ini memiliki daun yang berbentuk seperti hati, dan membentuk pola yang sangat menarik. Tanaman ini memiliki warna hijau tua dan bisa tumbuh sangat tinggi mengikuti ketinggian dinding bangunan. Tanaman ini banyak disukai karena memiliki postur yang merambat dan bisa dijadikan sebagai pagar hidup yang menutupi dinding. Rumah yang dihiasi dengan tanaman ini pun memiliki tampilan yang lebih asri.

Tanaman ficus repens ini memiliki sistem perakaran dengan tipe serabut, berwarna cokelat yang tersebar pada bagian batangnya. Tanaman ini tumbuh berbentuk semak, batang tanaman juga berkayu serta hidup dengan merayap/memanjat. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, juga sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan ambeien, diare, dan pegal linu. Cara Menanam Ficus Repens yang baik dan benar perlu dilakukan beberapa tahapan yaitu:

1. Siapkan media seperti dinding untuk tanaman ficus repens bisa tumbuh merambat

2. Bahan-bahan yang dibutuhkan seperti, bibit tanaman dolar rambat, sabut kelapa, kawat, paku beton, pupuk kompos, tanah hitam, air, polybag ukuran besar. Alat yang dibutuhkan yaitu, sekop tanah ukuran kecil dan besar, cangkul, palu, bor.

3. Selanjutnya potong bagian bawah polybag dan potong sekali lagi pada bagian tengah-tengah polybag menjadi dua yang memiliki ukuran yang sama. Sehingga satu buah polybag bisa digunakan untuk memagari dua lubang tanaman untuk melindungi dari erosi akibat hujan. 

4. Buatlah lubang seukuran diameter polybag dengan kedalaman 30 cm

5. Selanjutnya letakkan potongan polybag yang telah dipotong tadi kedalam lubang, lalu masukkan pula tanah hitam yang telah tercampur dengan pupuk kompos.

6. Untuk jarak penanaman bibit yang idealnya adalah 1 cm. hal ini mengingatkan setelah tumbuh besar nanti tanaman ini mempunyai daun yang sangat rimbun.

7. Selanjutnya membuat media untuk merambat tanaman ini. Dengan cara membuat titik-titik pada dinding yang akan dipasangi paku beton, untuk jarak antara paku yang akan menjadi media ikatan kawat 15-20 cm secara horizontal dan 1 m secara vertikal.

8. Setelah paku ditancapkan pada titik-titik tersebut sisakan sedikit tonjolan paku untuk tempat mengikat kawat. Kawat yang telah diikat kencang pada tiap-tiap paku selipkan pula sabut kelapa ke dalamnya sebagai media rambat dari tanaman.

9. Hal terakhir yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan waktu yang tepat untuk menanam tanaman ini, karena tanaman rambat baik ditanam sesaat sebelum musim hujan mulai, sehingga kelembaban tanah akan sangat terjaga. Tanaman rambat yang baru tumbuh membutuhkan kelembaban tanah yang tinggi.

1 comment:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete