Wednesday, May 4, 2016

Cara Praktis untuk Digunakan Petani Memipil Jagung


Jagung merupakan salah satu jenis makanan yang juga banyak dimakan di Indonesia. Jagung bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan baik makanan berat atau ringan. Selain beras, petani Indonesia banyak yang menanam tanaman ini karena memang penjualannya bagus di pasaran. Di Indonesia merupakan lahan yang baik untuk penanaman jagung. Sejak abad 16 yakni sejak Portugis masuk ke Indonesia, jagung mulai ditanam dan hingga kini banyak petani yang menggunakan lahannya untuk menanam jagung. Namun meskipun Indonesia sudah sangat lama mengenal tanaman ini dan petani juga sudah sering menanamnya, tak banyak alat atau mesin-mesin yang digunakan untuk produksi jagung, kebanyakan masih menggunakan cara manual yakni dengan memanfaatkan apa yang ada saja. Padahal untuk memipil jagung sangatlah membutuhkan tenaga ekstra dan juga waktu yang tidak sedikit. Sementara itu dalam satu tangkai jagung biasanya ada lebih dari 2 batang jagung yang tumbuh, bisa dibayangkan berapa banyak batang yang harus dipipil dengan menggunakan tangan.

Meskipun tidak banyak teknologi yang dikembangkan di Indonesia untuk memipil jagung, petani masih bisa menggunakan alat-alat sederhana yang bahkan bisa dibuat sendiri loh. Keterbatasan memang terkadang membawa kreativitas yang tiada batas. Berikut cara membuat Alat pemipil jagung yang dapat anda coba :

1. Alat pemipil jagung yang bisa dibuat dari kaleng bekas minuman atau bekas kaleng susu

intinya bahan yang digunakan adalah logam yang kuat. Logam yang berbentuk silinder Kemudian dibuat bergelombang menjorok ke dalam. Tujuannya yakni untuk merontokkan jagung. Jadi cara penggunaannya yakni jagung dimasukkan ke dalam lubang tabung yang sudah dimodifikasi kemudian jagung di putar-putar dengan tabung yang ditahan agar tidak ikut berputar. Dengan cara ini jagung bisa rontok sendiri dengan mudah. Cara ini sangat mudah dan alatnya juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan kaleng-kaleng bekas. Asalkan logam yang digunakan cukup tebal maka bisa dimanfaatkan.

2. Menggunakan ban motor

Selain dengan menggunakan cara diatas, salah satu cara dari seorang petani kreatif yang ramai diberitakan juga bisa dicontoh. Cara mudah memipil jagung selanjutnya yakni dengan menggunakan kendaraan bermotor, bagaimana bisa ? tentu saja bisa. Pemanfaatan motor yakni ban motor. Cara mudahnya yakni dengan motor diberdirikan dengan menggunakan standard tengah kemudian roda di starter dengan menggunakan gigi sedang. Jagung yang hendak di pipil kemudian di dekatkan pada ban motor bagian belakang dan diputar - putar (dalam keadaan ban motor juga berputar), maka jagung akan rontok sendiri. Akan membutuhkan tekanan yang cukup kuat dan melelahkan karena ban motor akan membuat jagung memantul sehingga anda harus menekannya dengan cukup kuat agar biji jagung bisa terlepas dari bonggolnya. Pekerjaan ini lebih baik dilakukan oleh laki-laki. Mudah bukan ? Anda bahkan hanya tinggal duduk dan memutar-mutar jagung pada ban bagian belakang motor dan dengan begitu jagung lepas sendiri.

Cara memipil jagung diatas tidak membutuhkan banyak uang untuk dimanfaatkan. Namun jika anda ingin cara lebih praktis mungkin bisa menggunakan mesin pemipil jagung agar hasilnya memuaskan. Kebanyakan petani memang masih menggunakan tangan atau alat yang terbuat dari kayu yang mana bisa digunakan untuk memipil jagung juga. Dengan menggunakan tangan tentu saja bisa mengakibatkan tangan kapalan sehingga sangat tidak efektif untuk dilakukan. Dengan banyaknya jagung yang banyak sekali jumlahnya akan sangat membutuhkan banyak tenaga dan waktu.

No comments:

Post a Comment