Wednesday, May 4, 2016

Tips Menanam Bermacam-macam Bunga di Lahan yang Sempit


Rumah akan terasa asri apabila ada tanamannya. Namun bagaimana bila lahan di rumah sangat sempit ? Tenang saja, menanam tanaman tidak harus dilahan yang luas kok, bahkan meskipun anda tidak memiliki halaman masih bisa menanam tanaman. Banyak cara untuk menanam tanaman atau bunga, tidak harus di tanah atau media tanam yang membutuhkan banyak tempat. Bagi anda pecinta bunga, pastinya tahu dengan baik bagaimana cara memanfaatkan lahan rumah yang sempit untuk menanam aneka bunga yang cantik-cantik. Dalam artikel ini akan dibahas cara memanfaatkan halaman yang sempit untuk menanam berbagai jenis tanaman yang berbeda jenis.

Saat ini telah banyak cara untuk menanam tanaman dalam berbagai jenis media, tidak melulu dengan tanah, namun bisa diganti dengan media lain seperti pot, botol, paralon, dsb. Banyak media tanam yang bisa dimanfaatkan sehingga bisa membuat tanaman tetap tumbuh meski dengan lahan yang sempit dan tanpa adanya tanah yang lapang. Anda bisa menanam selain bunga yakni tanaman seperti tomat, buah, atau sayuran. Banyak tanaman lain selain bunga yang bisa ditanam dengan media tanam yang beragam. Berikut ini adalah tips untuk menanam bunga dalam lahan yang sempit, yakni :

1. Memilih jenis tanaman yang sesuai

Untuk menanam di media tanam yang sempit seperti botol atau pot, tidak semua tanaman bisa ditanam. Tanaman yang biasanya bisa ditanam pada media-media tersebut yakni tanaman yang kecil seperti misalnya saat menanam bunga diusahakan bukan tanaman merambat, atau yang bisa tumbuh hingga daunnya mengembang sampai melebihi pot. Tanamlah bunga-bunga yang tumbuh sesuai dengan ukuran pot atau lahan yang anda miliki misalnya mawar, kamboja, kaktus, dsb. Tanaman yang disebutkan tersebut bisa dibuat hanya dengan menggunakan pot yang kecil atau sedang-sedang saja dan bisa diletakkan di teras rumah yang sempit dengan dialasi menggunakan piring plastik.

2. Pilih tanaman yang cepat berbunga dan memiliki banyak bunga

Untuk menanam bunga, sebaiknya dengan menggunakan jenis yang mudah berbunga serta memiliki bunga yang banyak dan cantik. Hal ini ditujukan agar anda puas dengan tanaman yang di tanam. Apabila bunga cepat berkembang tentu saja yang menanam akan merasa senang dan puas, halaman rumah anda juga akan lebih terlihat asri serta berwarna.

3. Membuat kebun vertical

Selain dengan menggunakan pot, menanam tanaman bisa dengan menggunakan botol yang mana bisa disusun secara vertical di dinding. Cara ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengisi dinding halaman rumah yang kosong dengan berbagai jenis bunga yang cantik. Anda bisa memilih jenis bunga yang berwarna mencolok dan juga tidak besar batangnya, terutama bunga yang bisa menjuntai ke bawah akan sangat cantik. Kebun vertical ini dibuat dengan memanfaatkan botol bekas yang tidak terpakai untuk media tanam.

Diatas adalah beberapa tips yang bisa anda manfaatkan untuk menciptakan hunian yang asri. selain halaman rumah, anda juga bisa menanam kaktus lucu di pot-pot kecil yang bisa dijadikan hiasan di meja belajar atau ruang tamu agar tampak segar.

Selain menanam bunga anda juga bisa menanam tanaman lainnya seperti misalnya menanam sayur mayur atau menanam tanaman obat seperti jahe, temulawak, dsb. banyak jenis tanaman selain bunga yang bisa juga ditanam di media yang sempit di halaman rumah anda. Apalagi dengan mananam tanaman obat bisa anda manfaatkan kala sakit untuk ramuan obat tradisional.

No comments:

Post a Comment