Thursday, June 30, 2016

Budidaya Tanaman Golden Rose


Golden rose merupakan salah satu jenis mawar yang banyak diminati oleh pecinta bunga. Warnanya yang sangat unik yakni kuning keemasan ini lah yang membuat banyak orang memilihnya untuk dijadikan sebagai buket bunga untuk diberikan kepada orang tersayang. Jika anda tertarik untuk melakukan budidayanya berikut akan kami bagikan informasi mengenai cara budidaya bunga mawar yang bisa dilakukan dirumah. Keuntungan dari budidaya bunga mawar adalah cara perawatannya yang sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. Cukup menyediakan lahan, menanam lalu merawatnya dengan cermat dan nantinya anda bisa memanen bunganya yang indah dan tentunya memiliki nilai jual yang tinggi. 

Cara budidaya tanaman golden rose ini harus dilakukan dengan urutan langkah berikut ini:

1. Pilih bibit tanaman dengan kualitas terbaik 

Sekarang ini banyak penjual bibit tanaman golden rose berupa biji dengan kualitas yang beragam. Selain dengan menggunakan biji anda juga bisa menggunakan batang tanaman golden rose yang sudah ada. Caranya yaitu dengan membuat stek batang dan menanamnya langsung di lahan. Namun jika anda ingin menanamnya mulai dari biji maka anda  harus menyiapkan semua tahapan penanaman mulai dari persemaian, penumbuhan tunas sampai pemindahan tunas ke lahan yang disediakan. Namun cara ini merupakan cara yang terlalu ribet dan memakan waktu cukup lama, oleh karena itu untuk anda yang ingin melakukan budidaya tanaman golden rose ini sebaiknya gunakan stek batang saja. 

2. Siapkan lahan 

Lahan untuk penanaman tanaman mawar merupakan lahan dengan tanah berhumus. Jadi kondisikan humus tanah sebaik mungkin agar mawar bisa tumbuh dengan baik. 

3. Penanaman 

Setelah bibit mulai muncul tunas maka tanaman mawar siap untuk di pindahan ke lahan. Untuk penanaman tanaman golden rose dengan menggunakan stek batang anda harus melakukan stek batang ini dengan teliti dan cermat agar batang bisa tumbuh dengan baik. Perhatikan lubang untuk menanamnya, jangan terlalu dalam ataupun terlalu dangkal. 

4. Perawatan 

Perawatan tanaman golden rose ini sangat mudah, cukup sirami saat pagi dan sore hari. Jika ternyata saat sore hari tanah masih terlihat basah, jangan sirami lagi karena itu akan merusak kelembapan tanaman golden rose ini. Beri pupuk sesekali agar tanaman golden rose bisa memperoleh nutrisi yang cukup untuk berbunga. 

Setelah masa penanaman dan perawatan selesai, maka tibalah tanaman golden rose akan mulai berbunga. Nah untuk masa pemanenan anda memerlukan beberapa peralatan wajib seperti gunting untuk memotong batang. Agar tidak melukai batang tanaman, sebaiknya potong tanaman golden rose dengan menggunakan gunting khusus, selain itu hasil potongan juga akan mempengaruhi nilai jual. Nah itulah informasi mengenai cara budidaya tanaman golden rose, semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment