Wednesday, June 29, 2016

Tips Menanam Mawar Agar Selalu Berbunga


Bingung memilih tanaman apa yang pas untuk menghiasi halaman rumah anda ? Mengapa tidak coba tanam tanaman mawar di halaman rumah anda. Ya, bunga mawar merupakan bunga klasik yang seringkali digunakan sebagai pengekspresian perasaan ini dapat menjadikan halaman anda semakin berwarna. Pasalnya bunga mawar memiliki warna yang beragam dari warna merah yang sudah umum hingga warna biru atau ungu. Cara untuk menanam tanaman mawar sangat mudah, untuk lebih lengkapnya simak ulasan tips menanam tanaman mawar di bawah ini. 

Tips – tips menanam tanaman mawar di halaman rumah :

1. Persiapan lahan 

Ada dua macam lahan yang bisa anda gunakan, pertama anda bisa menggunakan pot atau langsung di tanah halaman rumah anda. Jika ingin lebih praktis anda bisa langsung menanamnya di halaman rumah anda, namun jika anda berencana untuk memindahkan tanaman mawar sesekali, anda harus memilih media pot. Media pot yang bagus adalah pot yang terbuat dari tembikar, karena memiliki daya serap yang cukup baik. Namun jika anda ingin menggunakan pot yang terbuat dari bahan plastik anda harus meletakkan batu kerikil kecil dibagian dasar pot agar air dalam pot dari hasil penyiraman tidak menyebabkan akar menjadi busuk. 

2. Pemilihan bibit tanaman yang berkualitas bagus 

Cara menanam tanaman mawar ada dua yakni dengan menanam tanaman mawar beserta akar atau dengan cara stek batang. Keduanya sama sama menghasilkan tanaman mawar dengan kualitas yang bagus. Apapun pilihan bibit yang akan anda gunakan pastikan untuk menggunakan bibit dengan kualitas yang paling bagus. Jangan lupa juga untuk memilih warna bunga apa yang ingin anda tanam. 

3. Lakukan perawatan 

Setiap tanaman memerlukan perawatan dengan sebaik - baiknya, entah itu dengan pemberian air secara rutin atau dengan pemberian pupuk sesekali. Begitu juga dengan tanaman mawar, untuk mendapatkan bunga yang bagus dan banyak maka anda harus melakukan perawatan seperti menyiram secara rutin setiap pagi, dan jangan lupa untuk meletakkanya di bawah matahari ketika pagi hari dan meletakkanya kembali di tempat yang teduh ketika matahari mulai terik – teriknya, beri pupuk dan potong batang yang tidak terlalu panjang. Tips menanam tanaman mawar untuk dibudidayakan, anda harus memilih tempat yang tidak terlalu panas namun masih terjangkau sinar matahari pagi. 

Satu tips yang akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan bunga mawar yang indah dan banyak, sesekali siramlah tanaman mawar dengan asam bensoat. Gunanya adalah untuk menjaga tanaman mawar dari pembusukan yang disebabkan oleh bakteri dan lain – lain. Selain itu anda juga harus melindungi tanaman mawar ketika musim dingin mulai datang , khusunya untuk tanaman yang di tanam di lahan. Yaitu dengan cara mengikat tanaman bersama dan beri tanaman jerami diatas tempat tumbuhnya mawar. 

No comments:

Post a Comment