Wednesday, June 29, 2016

Cara Menanam Cabai Rainbow


Anda yang mampir ke artikel ini pasti sebelumnya pernah mendengar cabai rainbow. Ya, cabai rainbow merupakan jenis cabai yang memiliki berbagai macam warna dalam satu tanaman. Nama asli dari tanaman ini adalah bolivian rainbow, di luar negeri tanaman cabai rainbow ini sangat laku untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Tingkat kepedasan dari tanaman cabai ini memang tidak terlalu tinggi, itulah mengapa tanaman cabai rainbow ini lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias daripada dijadikan bahan masakan. Cabai rainbow memiliki bebebrapa warna seperti ungu, merah, orange dan kuning. Jika sedang berbuah, cabai – cabai yang mulai berbuah ini terlihat seperti lampu berwarna warni, untuk itulah banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias di dalam ataupun di luar rumah. 

Nah bagi anda yang penasaran, bagaimana cara menanam tanaman cabai rainbow berikut kami bagikan cara menanam cabai rainbow:

1. Penyemaian 

Layaknya jenis cabai biasa, cara penyemaian cabai ini sama degan penyemaian cabai biasa. Anda bisa menggunakan toples bening yang telah diisi dengan tisu basah atau bisa juga dengan menggunakan pot yang telah berisi tanah langsung. Apapun media yang anda gunakan, selalu pastikan bahwa media penyemaian yang anda gunakan tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Untuk bibit yang akan anda semai, sebaiknya gunakan biji yang berasal dari bibit terbaik dan pilih biji yang benar - benar kering. Karena jika bijinya tidak terlalu kering maka akan sulit untuk tumbuh. Lakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer setiap pagi dan sore serta jaga kelembapannya agar tunas biji cepat tumbuh. 

2. Penanaman 

Siapkan tanaman serta pot yang akan anda gunakan. Karena ini merupakan salah satu tanaman hias maka sebaiknya anda pilih pot khusus tanaman hias yang terbuat dari bahan tembikar atau bahan lain. Pastikan bagian bawah pot terdapat lubang untuk sirkulasi air agar sisa air yang tidak terserap oleh tanaman cabai rainbow nantinya tidak akan membuat akar tanaman cabai menjadi busuk. Setelah anda memindahkan anakan cabai rainbow ke pot yang sesungguhnya, langkah selanjutnya adalah perawatan.

3. Perawatan 

Tanaman cabai rainbow ini tidak memerlukan perawatan ekstra, cukup dengan menyiramnya 2 kali sehari yaitu selama pagi dan sore hari. Cukup sesekali beri pupuk agar tanaman cabai rainbow bisa hidup dengan sehat. 

Jika anda menanam dengan menggunakan teknik yang benar serta merawat dengan benar maka anda akan mendapatkan tanaman cabai rainbow yang sehat dan berbuah lebat. Yang paling penting dan harus selalu anda perhatikan adalah jangan meletakkan tanaman cabai rainbow dibawah sinar matahari langsung. Serta perhatikan pula pertumbuhan batang dan daunnya, jika memang dibutuhkan pangkas beberapa bagian batang yang tidak memiliki begitu banyak daun, hal ini ditujukan agar tanaman cabai rainbow bisa hidup lebih sehat lagi. 

No comments:

Post a Comment