Wednesday, June 29, 2016

Cara Budidaya Tanaman Lavender


Lavender merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bunga dengan bentuk dan aroma bunga yang khas. Aroma yang dihasilkan dari bunga lavender ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Oleh karena itu permintaan akan bunga lavender di pasaran masih sangat banyak. Selain bagus untuk dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah, tanaman lavender juga dapat di budidayakan untuk di jual. Cara budidaya tanaman lavender terbilang cukup mudah, karena bunga lavender ini bisa dibilang bukan merupakan jenis tanaman yang memerlukan perawatan khusus dan ekstra.  

Cara budidaya tanaman lavender bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan menanam mulai dari biji atau langsung tanam dengan menggunakan tanaman lavender kecil. Kali ini kami akan memberikan cara praktis budidaya tanaman lavender :

Siapkan lokasi penanaman tanaman lavender 

Tanaman lavender merupakan tanaman yang biasanya hidup di wilayah panas, jadi usahakan untuk menanamnya di lahan yang bisa terkena matahari si siang hari. Lavender terbilang tanaman yang sangat rentan terhadap kelembapan, jadi anda harus memperhitungkan daya serap tanah yang akan digunakan untuk menanam tanaman lavender. Sebagai alternatif anda bisa menambahkan pasir di tanah sebelum menanam atau bisa juga dengan menanam tanaman lavender di dekat tembok atau di tempat yang miring. 

Pilih jenis lavender yang ingin anda budidayakan 

Tanaman lavender memiliki banyak spesies, pilih salah satu atau beberapa spesies tanaman lavender yang ingin anda budidayakan. Pastikan bibit yang anda beli merupakan bibit dengan kualitas terbaik agar hasil bunganya memiliki kualitas yang baik pula. 

Persiapan penanaman 

Sebelum anda memulai untuk menanam, siram tanaman lavender yang ingin di pindahkan ke lahan dan potong batang yang terlalu rimbun. Buat lubang sedalam 20 cm berikan jarak kira – kira 1 meter untuk masing - masing lubang agar tanaman lavender bisa tumbuh dengan maksimal. Pindahkan tanaman lavender dari pot ke lahan, masukkan ke dalam lubang dan siram kembali. 

Perawatan tanaman lavender 

Cara merawat tanaman lavender sangat mudah, anda hanya perlu memberikan pupuk selama setahun sekali, jangan lupa untuk mencabut semua rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman lavender agar tanaman lavender bisa menyerap semua nutrisi yang ada di tanah dengan baik. Lakukan penyiraman dengan intensitas sedang, jangan terlalu sering menyiram tanaman lavender karena tanah yang terlalu lembab akan menyebabkan tanaman lavender cepat mati. Sebaiknya siram ketika keadaan tanah telah kering sempurna. Potong bagian batang setahun sekali untuk menumbuhkan tunas baru serta mencegah batang tersebut patah dan mengganggu perkembangan tanaman lavender. 

Jika anda memperlakukan tanaman lavender dengan baik maka setelah beberapa bulan tanaman lavender akan siap untuk di panen. Tanaman lavender akan siap dipanen ketika semua bagian dari bunga telah terbuka atau mekar sempurna. Jika anda ingin menjualnya dalam keadaan segar, panen segera lalu jual ke agen segera. Selain dijual dalam keadaan basah, anda juga bisa menjualnya dalam keadaan kering tentunya dengan cara mengeringkan bunga lavender terlebih dahulu. 

1 comment:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete