Wednesday, June 29, 2016

Cara Mudah Menanam Pohon Bonsai


Jika anda sedang mencari pohon berukuran mini yang dapat memperindah ruangan anda, mungkin pohon bonsai bisa menjadi pilihan untuk anda. Pohon bonsai memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dan terbilang cukup mudah untuk dirawat. Sebenarnya pohon bonsai dapat diletakkan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan tergantung keinginan anda. Baik di dalam maupun di luar ruangan, yang pasti pohon bonsai ini akan menambah nilai estetika rumah anda karena bentuknya yang sangat unik dan memiliki makna tersendiri. 

Cara untuk menanam pohon bonsai ada dua, yakni dengan menanam mulai dari biji atau bisa juga dengan langsung membeli pohon bonsai yang masih muda dan menanamnya di pot. Nah kali ini kami akan memberikan cara mudah untuk menanam pohon bonsai di pot. Berikut langkah – langkahnya :

1. Pilih pohon bonsai yang ingin di tanam 

Ada berbagai jenis pohon bonsai yang bisa anda pilih, seperti umbrella, juniper, ginkgo dan camellia.  Salah satu yang paling mudah untuk di tanam dan flexibel yakni dapat di taruh di dalam ataupun diruangan adalah jenis juniper. Selain memilih pohon anda juga harus memilih pot yang sesuai. Sesuaikan dengan tempat dimana anda akan meletakkan pohon bonsai, jika pohon bonsai akan di letakkan di dalam ruangan maka sebaiknya gunakan pot berukuran kecil saja. Jangan lupa untuk menyesuaikan juga dnegan pohon bonsai yang akan anda pindahkan. 

2. Pindahkan pohon bonsai ke pot

Sebelum memindahkan pohon bonsai ke pot, anda harus memastikan bentuk pohon yang anda mau dengan cara transplat atau membentuk pohon bonsai dengan kawat selagi pohonnya masih berada di pot plastik sehingga nantinya bentuk pohonnya akan sesuai dengan yang anda mau. Nah setelah anda selesai melakukan transplant, ambil pohon bonsai, pangkas sedikit akarnya lalu masukkan ke dalam pot yang telah berisi tanah dengan ketinggian yang anda mau. Sesuaikan tinggi tanah dengan ukuran bonsai. Kemudian siram dengan air secukupnya. 

3. Perawatan 

Cara untuk merawat pohon bonsai sangat mudah, anda hanya perlu meletakkan tanaman ini di sudut yang terkena cahaya matahri namun tidak secara langsung. Siram sesekali saja, karena jika terlalu lembab maka dikhawatirkan pohon bonsai anda akan cepat mati. 

Pohon bonsai yang anda pelihara bisa anda bentuk dengan bentuk yang beragam sesuai dengan kemauan anda, namun bentuk - bentuk seperti vertical, informal atau cascade juga masih menjadi bentuk yang memiliki nilai estetika yang bagus. Semakin banyak bentuk yang anda buat maka akan terlihat semakin kreatif pohon bonsai yang anda ciptakan. Memangkas akar dari pohon bonsai anda secara rutin juga dapat menjadi sebuah cara yang tepat untuk membuat pohon bonsai berkembang sesuai dengan ukuran potnya. 

No comments:

Post a Comment