Saturday, January 28, 2017

10 Langkah dan Cara Menanam Anggrek dengan Sabut Kelapa


Tanaman anggrek sebagai salah satu tanaman bunga terfavorit tentu saja banyak yang ingin memilikinya. Bunga anggrek ini ternyata juga bisa kita tanam dengan tangan kita sendiri meskipun sedikit sulit. Cara menanam anggrek dengan sabut kelapa bisa menjadi salah satu solusi atau cara yang bisa kita praktekkan untuk bisa memiliki tanaman bunga yang cantik ini. Jika kita bisa megikuti langkah-langkah dan juga teknik yang benar, bukan tidak mungkin kita bisa memiliki tanaman anggrek yang indah nan cantik ini dengan mudah dan tentu saja memiliki nilai estetika yang tinggi. Ada banyak sekali jenis tanaman anggrek yang bisa kita tanam yang hampir semua bisa ditanam dengan menggunakan media sabut kelapa.

Sabut kelapa sering menjadi pilihan yang paling tepat untuk budidaya anggrek karena beberapa alasan seperti memiliki daya menyimpan air yang baik, dapat menjaga kesegaran dan kelembaban yang sangat baik, sabut kelapa juga mengandung unsur hara yang baik untuk tanaman anggrek. Nah, berikut ini adalah cara menanam anggrek dengan sabut kelapa yang bisa dipraktekkan dirumah.

Untuk menanam anggrek dengan sabut kelapa, hal pertama yang harus dipersiapkan tentu saja adalah sabut kelapa. Pilih sabut kelapa yang tua dan potong lah sesuai dengan ukuran yang pas.
Setelah itu, sabut kelapa juga harus melalui proses perendaman. Pertama direndam dengan air bersih selama 6 jam kemudian diangkat dan dipukul-pukul dengan kayu. Perendaman berikutnya adalah menggunakan zat fungisida untuk mengindari pertumbuhan jamur pada sabut kelapa.
Berikutnya sabut bisa dikeringkan dan kemudian melilitkannya dengan tanaman anggrek yang sudah dipersiapkan. Anggrek ini bisa kemudian ditempatkan pada pot gantung dan sebagainya.

Agar tanaman anggrek bisa tumbuh dengan baik maka perlu dilakukan perawatan setelah penanaman pada sabut kelapa ini. Siramlah bunga anggrek secara rutin setiap hari pada pagi dan sore hari. Jika sabut kelapa sudah lapuk, maka kita juga harus menggantinya sehingga kita harus benar-benar memperhatikannya. Dengan begitu, tanaman anggrek akan selalu baik dan sehat. Demikianlah cara menanam anggrek dengan sabut kelapa yang mudah dan bisa kita praktekkan sendiri dirumah.

No comments:

Post a Comment