Saturday, January 28, 2017

9 Langkah dan Cara Menanam Semangka yang Mudah


Semangka termasuk salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Buahnya yang manis dan berwarna merah menyegarkan tentu saja akan menggoda siapa saja untuk mencicipinya. Mungkin sebagian dari kita tidak tahu ya seperti apa cara menanam semangka, buah yang segar ini. Dan ternyata untuk menanam buah semangka ini benar-benar dibutuhkan persiapan yang matang dan harus benar-benar dipertimbangkan agar bisa mendapatkan buah semangka yang sehat dan berkualitas. Buah semangka ini tidak begitu memerlukan perawatan yang sulit karena buah ini cenderung bisa tumbuh dengan baik pada suhu cuaca yang cenderung panas.

Nah, sebelum mulai penanaman buah semangka ini, ada beberapa persiapan yang harus terlebih dahulu kita  perhatikan. Jika segala sesuatunya sudah kita persiapkan tentu cara menanam semangka ini bisa kita lakukan dengan lebih mudah.

  1. Pertama dan yang paling penting yang harus dipersiapkan tidak lain adalah mempersiapkan dan memilih jenis semangka. Sebetulnya ada banyak jenis buah semangka yang bisa dipilih dan kita bisa memilih biji atau cangkokan buah semangka dari toko bibit.
  2. Memilih lokasi penanaman buah semangka yang tepat. Pastikan lokasi yang dipilih bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup dan memiliki banyak ruang untuk pohon semangka menyebar.
  3. Siapkan lahan untuk menanam semangka dengan karakteristik subur, dan dengan drainase yang cukup baik.
Setelah melakukan persiapan maka giliran untuk melakukan penanaman semangka. Berikut ini adalah langkah-langkah menanam semangka yang baik dan benar.


  1. Biji semangkan harus ditanam pada gundukan tanah. Buat gundukan dengan jarak antara 60 cm sampai dengan 1,8 meter.
  2. Cekungkan permukaan tanah tadi dan buat tiga sampai empat lubang dan masukan beberapa biji semangka ke dalam lubang sedalam 2,5 cm dan kemudian tutup kembali dengan tanah.
  3. Pada hari ke 7 hingga 10, biji semangka akan mulai muncul dipermukaan tanah. Pastikan kita menyiram tanaman sekali dalam sehari untuk mencegah kekeringan.
  4. Setelah kira-kira tumbuh setinggi 10 cm, cara menanam semangka selanjutnya adalah menutup tunas tersebut.

No comments:

Post a Comment