Saturday, January 28, 2017

8 Praktek Cara Menanam Anggur dari Biji dengan Mudah


Cara menanam anggur dari biji bisa menjadi salah satu alternative yang mudah dan bisa kita praktekkan sendiri untuk bisa memiliki tanaman anggur sendiri di sekitar rumah. Buah anggur adalah salah satu buah favorit yang memiliki citarasa masam dan segar yang mampu menggugah selera. Selain itu, buah ini kaya akan vitamin dan bisa dimanfaatkan untuk cemilan atau sebagai bahan-bahan untuk membuat kudapan lezat. Tidak heran jika buah ini selalu diburu. Bayangkan jika kita memiliki pohon anggur sendiri dirumah tentu kita tidak perlu repot-repot untuk bisa mendapatkan buah segar ini bukan.

Menanam buah anggur biasanya bisa dilakukan dengan melalui cara menanam dari bijinya. Cara menanam anggur dari bijinya ini pun bisa dibilang gampang-gampang susah tapi bisa kita lakukan sendiri. Berikut ini adalah langkah menanam anggur menggunakan bijinya.

  1. Anggur memiliki  banyak sekali jenis atau varietas untuk itu sebelum menanam kita harus memilih varietas anggur yang tepat. Seperti misalnya memilih jenis anggur yang bisa tumbuh baik di kondisi iklim tempat kita tinggal.
  2. Selanjutnya cari bibit yang sudah kita tentukan varietasnya. Bibit ini bisa kita peroleh dari toko pembibitan atau langsung dari petani dan sebagainya.
  3. Pastikan biji benih yang akan kita tanam benar-benar dalam kondisi yang sehat dan baik dengan cara merendam biji pada air dan lihat jika ada yang mengapung maka harus dibuang karena menunjukkan kualitas yang kurang baik.
  4. Cuci benih yang layak dengan air bersih dan rendam dengan air distilasi selama 24 jam.
  5. Selanjutnya lakukan proses stratifikasi (gunakan tisu basah untuk meletakkan biji dan masukan pada kantung udara, masukan pada lemari pendingin suhu 1 sd 3 derajat C selama 2 atau 3 bulan).
  6. Setelah itu tanam biji pada pot hingga tumbuh dan berkecambah lalu lakukan transaplantasi ke pot yang lebih besar setelah berukuran 8 cm.

Jika sudah seperti itu kita bisa juga kemudian memindahkannya pada tanah sehingga tanaman anggur bisa tumbuh dengan lebih bebas dan kita hanya perlu menunggu agar segera berbuah. Untuk perawatan jangan lupa untuk menyiram dan memupuknya secara rutin. Sekian langkah dan cara menanam anggur dari biji semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment