Friday, January 6, 2017

Cara Menanam Anggur Merah dalam Pot dari Bijinya


Buah anggur, buah mungil dengan rasa yang segar ini adalah salah satu jenis buah yang sangat digemari dan cocok sebagai cemilan yang menyegarkan. Selain itu. Buah ini juga kaya akan vitamin sehingga tidak heran jika banyak orang menyukainya. Dengan megikuti beberapa cara menanam anggur merah, kita bisa memiliki buah segar ini sendiri di sekitar rumah dan tidak perlu lagi membelinya di pasar-pasar atau supermarket. 

Menanam buah anggur merah sendiri dengan menggunakan media pot bukanlah  hal yang sulit untuk dilakukan jika kita memang bisa menanamnya dengan sabar dan merawatnya dengan baik. Dengan begitu buah anggur yang kita tanam akan tumbuh subur dan lekas berbuah. Berikut ini adalah persiapan dan juga cara menanam anggur merah dengan menggunakan media pot.

Pertama-tama pilihlah bibit anggur dengan varietas yang terbaik dan sesuai dengan yang kita inginkan apakah bibit lokal atau bibit import. Kali ini adalah anggur merah yang memiliki buah yang menggoda.
Jika sudah, pastikan kualitas bibit biji anggur yang kita beli memiliki kualitas yang terbaik dan siap untuk disemai. Cara untuk menyemai bibit adalah dengan merendam biji pada sebuah wadah yang berisi air 1 hari 1 malam. Disini kita bisa melihat biji-biji yang sehat atau tidak. Jika terdapat biji yang mengapung maka bisa kita buang karena bukan biji yang sehat. Sesudah direndam letakkan biji pada tisu basah dan masukan dalam wadah yang tertutup dan simpan selama 2 sd 3 bulan dalam lemari es dengan suhu 1 sd 3 derajat Celsius (proses ini disebut stratifikasi).
Siapkan pot tanah yang sudah diisi dengan tanah gembur dan dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dan mulai untuk menanam biji anggur yang sudah melewati tahap stratifikasi.
Saat biji yang ditanam sudah tumbuh dengan tinggi seukuran 8 cm selanjutnya lakukan langkah trasplantasi dengan memindahkannya pada pot yang lebih besar.

Jika sudah sampai langkah tersebut maka selanjutnya kita hanya perlu melakukan perawatan-perawatn rutin agar tanaman anggur bisa tumbuh subur dan sehat. Caranya adalah dengan melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin. Jadi bagaimana, mudah bukan cara menanam anggur merah dengan pot.

No comments:

Post a Comment