Saturday, January 28, 2017

7 Tips dan Cara Menanam Cabe Rawit Sendiri


Cara menanam cabe rawit yang baik dan berbagai tipsnya agar dapat mengasilkan tanaman cabe yang lebat dan subur mungkin menjadi informasi yang sangat penting bagi petani cabe atau kita yang ingin memiliki tanaman cabe sendiri. Cabe rawit memang menjadi salah satu kebutuhan pokok yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Cabe ini sangat sering digunakan untuk mengolah makan-makanan khas dan berbagai jenis olahan lainnya. Tidak heran jika cabe rawit ini sangat dibutuhkan. Lalu bagaimanan sih cara untuk bisa menanam cabe rawit ini sendiri dan bagaimana cara merawatnya agar bisa menghasilkan cabe yang lebat dan sehat.

Cabe rawit ini adalah jenis tanaman yang cocok untuk ditanam pada dataran rendah. Selain itu, tanaman cabe rawit juga mudah dalam cara penanaman dan cara merawatnya sehingga mampu menghasilkan tanaman cabe yang sehat dan juga subur. Berikut ini adalah beberapa yang perlu diperhatikan terkait dengan cara menanam cabe rawit.

Pilih benih cabe rawit yang sehat dan berkualitas baik. Jenis-jenis cabe yang ada tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Benih bisa didapatkan dari toko pertanian tapi juga bisa kita dapatkan dari hasil penanaman kita yang sebelumnya jika kita pernah menanam cabe ini. Benih cabe yang bagus bisa kita dapatkan dari hasil panen cabe ke-4 sampai dengan hasil panen ke-6.
Sesudah kita menapatkan benih biji cabe, kita bisa merendam biji tersebut dengan air bersih dan apabila ada yang mengambang sebaiknya dibuang karena menandakan biji yang kurang baik. Setelah itu jemur biji hingga kering.
Semai biji cabe di ruangan yang tidak terkena sinar matahari, hujan atau angin.
Siapkan polybag dan  isi dengan tanah, arang sekam, serta pupuk kompos dengan perbandingan sama. 
Rendam benih dengan air hangat selama 6 jam dan baru kemudian tanam pada polybag.

Untuk merawat tanaman cabe tersebut kita harus rutin menyiram tanaman tersebut dengan menggunakan kucuran air pagi dan sore. Seperti itulah cara menanam cabe rawit dan cara perawatannya agar tetap sehat dan juga terjaga subur.

No comments:

Post a Comment