Monday, January 4, 2016

Ketahui Tips Memelihara Ikan Arwana


Memelihara ikan adalah salah sau kegemaran beberapa kalangan, ini dapat dilakukan di aquarium maupun kolam yang sengaja dibuat atau dimiliki. Memelihara berbagai jenis ikan merupakan salah satu pertimbangan yang dilakukan berdasarkan selera. Banyak sekali jenis ikan yang dapat menjadi pilihan untuk menghiasi aquarium maupun kolam yang anda miliki. Memelihara arwana mungkin saja dapat menjadikan pilihan anda. Jika ini benar maka anda akan membutuhkan tips memelihara ikan arwana. Memilih ikan ini untuk dipelihara merupakan sebuah pilihan yang menarik terutama ketika menjadikan ini sebagai hiasan yang tampak di ruangan. Kebanyakan kalangan akan menjadikan ikan ini sebagai suatu hiasan yang menjadi kebanggaan dari kediamanya. Maka bukan hal aneh jika ikan ini juga menjadi salah satu ikan yang diminati dipasaran, bahkan diantaranya dapat menjadi ikan berharga mahal. 

Setelah memilih jenis ikan untuk dipelihara memang hal yang sangat penting untuk dapat membuat ikan tersebut menjadi peliharaan dengan cara yang benar. Keberadaan ikan ini termasuk dalam jenis ikan yang tidak dapat hidup bersamaan dengan jenis ikan lainnya. Maka dari itu yang paling penting adalah menentukan tempat yang paling tepat untuk ikan arwana anda. Berikut ini terdapat beberapa tips memelihara ikan arwana yang dapat membantu anda atau menjadi bahan pertimbangan untuk pemeliharaan ikan tersebut, diantaranya: 

o Aquarium, ini merupakan hal yang sangat penting dalam keputusan memelihara ikan apapun jenis ikan yang akan dipelihara. Karena tentu saja ini adalah tempat dimana ikan yang anda pilih tersebut memiliki habitatnya yang baru. Untuk ikan jenis arwana tidak dapat dipungkiri membutuhkan aquarium yang lebih besar dari sekedar ikan hias biasa atau yang kecil-kecil. Alasan yang mendukung hal ini adalah karena ikan ini memiliki kemungkinan tumbuh memanjang. Bahkan maksimalnya dapat mencapai 100 cm. Maka dari itu biasanya ikan jenis ini ditempatkan hanya satu ekor dalam satu tempat, agar ruang gerak yang dimiliki menjadi lebih maksimal dan membantu ikan ini tumbuh lebih baik secara alami. Jangan lupa untuk memberikan tutup pada bagian atas aquarium karena ini demi keamanan agar ikan ini tidak melakukan kecenderungan untuk melompat keluar.

o Kondisi air juga mengambil peran penting dalam tips memelihara ikan arwana ini, karena sebenarnya ikan ini memiliki sedikit sensitifitas dalam perkembangannya. Oleh karena itu air yang menjadi bagian penting dari ikan harus memiliki karakteristik untuk di perhatikan. Dalam hal ini terdapat masalah keasaman air yang setidaknya cenderung lebih asam dan juga suhu menjadi hal yang harus diperhatikan. Suhu untuk aquarium dikondisikan sekitar 26-30 derajat celcius untuk membuat ikan dalam kondisi stabil dan baik.

o Pakan ikan arwana sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ikan kebanyakan, tetapi untuk menjaga aquariun anda tetap bersih maka alangkah baik jika hal ini diperhatikan dengan benar. Karena beberapa makanan akan membuat perubahan warna air dan juga memaksa anda untuk menguras secara teratur jika anda tidak menggunakan sirkulasi secara otomatis. Ikan ini dapat memakan jenis makanan ikan atau pelet secara khusus tetapi umumnya yang paling sederhana adalah beberapa jenis serangga, udang atau bahkan jenis ikan kecil. Tetapi terkadang anda dapat membuat variasi dari cacing sebagai makanannya.

Memelihara ikan jenis ini juga sekaligus dapat di lakukan sebagai bagian dari usaha perikanan jika anda memiliki lahan atau tempat cukup. Tetapi jika hanya untuk hiasan ini dapat dilakukan dengan memelihara satu ekor saja. Tentu saja ini merupakan jenis ikan yang memiliki harga tinggi sehingga kemungkinan tidak dapat banyak untuk di pelihara. Sedangkan ketika telah memilih untuk memelihara yang satu ini maka memperhatikan tips memelihara ikan arwana di aquarium dapat membantu menjadikan ikan pilihan anda menjadi hiasan yang terbaik yang mampu berkembang dengan baik juga di dalamnya. Bahkan ketika anda mnginginkan untuk menjualnya keuntungan yang anda dapatkan sudah pasti besar.

No comments:

Post a Comment