Wednesday, January 27, 2016

Tips Efektif untuk Beternak Lele Dilahan Sempit


Memiliki suatu ide usaha di lingkungan rumah atau lokasi terdekat memang menjadi hal yang menarik dan juga banyak diminati apalagi ketika usaha tersebut dapat mejanjikan suatu keuntungan. Berternak lele dilahan sempit dapat menjadi salah satu yang dijadikan alternatif atau pilihan untuk hal tersebut. Biasanya keberadaan lahan sempit yang dimiliki memang menjadi hambatan dan menimbulkan kebingungan untuk melakukan pemanfaatan lahan. Tetapi sebenarnya banyak yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan sempit tersebut termasuk untuk budidaya lele.
Terdapat beberapa tips atau upaya yang dapat dilakukan untuk mensiasati dan menjadikan berternak lele dilahan sempit menjadi lebih efektif. Berternak lele dapat dilakukan sebagai hobby atau bahkan sebagai sumber penghasilan. Maka dari itu penting untuk anda yang menginginkan metode terbaik ternak lele dengan lahan yang anda miliki. Beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :
o Gunakan terpal untuk kolam lele ini akan membantu merapikan lahan sempit anda sehingga memungkinkan untuk menangkarkan benih lele. Selain itu ini juga merupakan alternatif yang hemat dan sederhana. Selain itu hal ini juga menjadi pertimbangan kemuduhan untuk membersihkan atau bahkan ketika melakukan panen lele.
o Gunakan air yang mengalir dan bersumber cukup sehingga kebersihan kolam lele anda akan tetap terjaga karena perkembangan lele akan terganggu jika terlalu sering dikuras. Maka memilih sumber air yang dibuat mengalir melalui saluran masuk dan keluar dapat menjadi pilihan.
o Sesuaikan jumlah benih yang akan masuk kedalam kolam dengan kondisi luas kolam yang anda buat. Hal ini harus dilakukan untuk mempertimbangkan perkembangan benih lele, agar ketika menjadi lebih besar tempat tidak terlalu sempit untuk sejumlah ikan lele tersebut. Maka dari itu sesuaikan jumlah benihnya, bahkan usahakan untuk tidak terlalu banyak ketika baru menjadi permulaan dalam berternak.
o Gunakan aerator dalam berternak lele dilahan sempit, keberadaan aerator ini memiliki fungsi untuk menambah kandungan oksigen dalam kolam anda yang berukuran kecil. Karena ini akan membantu untuk pertumbuhan lele lebih optimal, dan tentunya juga memastikan agar pergerakan lele tersebut lebih aktif sehingga dapat berkembang.
o Pilih pakan lele yang berkualitas dan tentu saja dapat diselingi dengan sayuran mentah, tetapi jika ingin lele yang sehat maka hindari memberikan makanan berupa sisa makanan yang mengandung minyak. Sehingga selain ini menjadi upaya menjaga kebersihan air juga agar lele ini ketika dipanen dan dikonsumsi tidak berdampak negatif.
o Usahakan membuat tempat ternak lele tersebut sedikit lebih teduh disekitarnya dengan menanam tanaman disekitarnya, karena lele akan berkembang dengan baik ditempat yang sejuk atau teduh. Jika perlu gunakan penutup selama sirkulasi udaranya baik maka ikan ini akan berkembang baik.
Memiliki peternakan ikan sejenis lele ini memang bukan merupakan peternakan yang sulit untuk dikerjakan. Dilahan yang sempit bahkan pekarangan rumah juga dapat menjadi tempat yang baik untuk budidaya ini. Maka dengan melakukan berbagai tips dan memperhatikan hal sederhana untuk melakukannya bukan hal yang mustahil untuk berternak lele dilahan sempit. Terdapat banyak keuntungan yang dapat anda peroleh dari metode ini. Bukan hanya sekedar sebagai pemanfaatan lahan sempit yang anda miliki, tetapi dapat juga memperoleh keuntungan secara ekonomi. Tetapi jika tujuan pembuatan kolam lele ini bukan untuk penjualan atau sekedar hobby maka keuntungan lainnya adalah dapat dijadikan untuk konsumsi pribadi.

No comments:

Post a Comment