Saturday, January 9, 2016

Pengembangan Ternak Ikan Koi Di Pekarangan Rumah


Memiliki pekarangan rumah yang luas memang menjadi hal yang didambakan banyak orang. Mengingat hal ini sekarang mulai jarang dimiliki di daerah perkotaan. Tetapi jika memilikinya maka akan sangat beruntung karena sekarang ini dapat dimanfaatkan tidak hanya sebagai tempat budidaya tanaman tetapi juga dapat dijadikan lokasi peternakan. Salah satunya dengan ternak ikan koi yang sekaligus dapat menjadi pemandangan yang menarik sebagai wahana refreshing. 

Memiliki peternakan disekitar rumah memiliki beberapa hal yang menguntungan. Maka dari itu memanfaatkan lahan yang dimiliki ini kemudian menjadi trend diberbagai kalangan. Selain dapat menikmati keindahan kolam ternak ikan koi juga dapat menguntungkan secara finansial. Tetapi hal ini dapat diperoleh jika anda membuat peternakan dengan benar begitu juga dengan perawatannya. Perawatan terhadap kolam ikan koi ada beberapa komponen penting untuk di perhatikan yaitu :

o Kolam ikan koi, ini merupakan komponen paling krusial untuk diperhatikaan sebelum 
memutuskan untuk memulai ternak ikan koi. Karena ini merupakan hal yang sensiitf dan sangat berpengaruh pada perkembangan ikan. Sebagai pengetahuan yang paling mendasar tentang koi, ikan hias ini memiliki warna yang sangat menarik. Dan ini dapat tumbuh menjadi besar maksimal sampai 90 cm. Oleh karena itu ikan ini tidak cocok untuk ada di aquarium. Memperhitungkan luasan kolam juga akan membuat ruang untuk ikan ini berkembang. 

o Air yang dipilih untuk menjadikan kolam ikan koi ini menjadi lahan ternak yang sesuai untuk jenis ikan ini harus diperhatikan mulai dari sumbernya, kebersihannya bahkan keasamannya. Ikan koi merupakan jenis ikan yang dapat hidup dengan baik di air tawar. Dalam kolam ikan koi ini sebaiknya diberikan semacam filter atau saringan yang menjaga air didalamnya tetap bersih. Ini dilakukan bertujuan untuk membuat ikan tetap terlihat indah. 

o Pakan ikan koi, dalam memelihara ikan ini dengan tujuan peternakan maka memberi makan secara cukup dan berkala memang menentukan kondisi ikan. Karena pertumbuhan ikan ini akan lancar ketika asupan makanan yang diberikan tepat. Pemberian makan ini juga perlu disesuaikan dengan jumlah ikan yang ada di dalam kolam tersebut. Sebenarnya jika ini merupakan peliharaan untuk di jual maka sangat bijak untuk tidak perlu membuatnya menjadi panjang maksimal ketika dipanen. 

Ketika memutuskan untuk membuat kolam koi ini sebaiknya anda juga memiliki tujuan jelas untuk menjadikannya sebagai komoditas jual atau tidaknya. Tetapi sebenarnya apapun yang menjadi tujuan memang tidak ada ruginya ini untuk di coba. Terlebih lagi jika melihat banyaknya peluang untuk meraup keuntungan dari ikan hias jenis ini. Karena tidak dapat dipungkiri jenis ikan koi dapat menjadi penghasil ikan hias yang diminati banyak kalangan karena warna yang dimilikinya. Jika anda memiliki pekarangan yang cukup maka membuat kolam yang lebih luas dan memilih bibit yang lebih beragam akan sangat baik. Tetapi juga tidak kalah pentingnya untuk memiliki perhitungan terhadap jumlah air dan sirkulasi oksigen didalamnya. Dengan oksigen yang cukup akan membuat air cenderung tetap jernih sehingga ikan yang ada di dalam kolam juga akan terlihat bersih dan menarik. Sehingga keuntungan dari ternak ikan koi ini dapat diraih sesuai harapan. Bahkan dapat menjadi pemandangan untuk dinikmati dikala jenuh oleh anda dan keluarga. Maka dari itu manfaatkan lahan anda untuk memelihara ikan merupakan pilihan yang dapat dikatakan sebagai keputusan yang luar biasa.

1 comment: