Sunday, January 17, 2016

Manfaat Sayur Mayur Sebagai Potensi Pertanian


Sayur mayur sangatlah penting bagi kesehatan apalagi sayur mayur sebagai potensi pertanian sangatlah banyak hal untuk di bahas mengenai sayur mayur. Sayur mayur adalah kebutuhan pangan yang sangat wajib dipenuhi oleh setiap orang, dan tugas sebagai petanilah yang wajib memilih sayuran yang layak untuk di konsumsi, akan tetapi masih banyak lahan penghasil sayur mayur tidak mencukupi kebutuhan para petani khususnya seperti yang berada di Cileunyi, kabupaten Bandung timur pendapatan yang di hasilkan beda jauh dengan lahan sayur mayur yang berada di kota lain, inilah peranan penting yang wajib di perbaiki demi untuk mencukupi kebutuhan ekonomi Negara dan para petani yang sudah bekerja.

Pendapatan yang didapatkan oleh petani yang bekerja di Cileunyi hanyalah 2 ton/hari (2 truk pengangkut) saja, hal ini sangatlah merugikan, apalagi ditambah dengan curah hujan yang tinggi, yang mengakibatkan gagal panen, akan tetapi berbeda jauh dengan tingkat lahan pertanian yang berada di daerah Ciwidey Kab. Bandung barat, daerah Cikajang, leles Garut, yang tingkat kesuburan tanah disertai cuaca yang bagus untuk menghasilkan panen yang baik, penghasilan yang di dapatkan di Ciwidey/Cikajang ini bisa menghasilkan sebanyak 20 ton sayur mayur/hari, alhasil kebutuhan perekonomian petani tercukupi, karena petani dapat meraih penghasilan per harinya dengan apa yang petani keluarkan tenaganya hingga menghasilkan sayur mayur yang baik, lalu sayur mayur sebagai potensi pertanian sangatlah bagus untuk di daerah ini, Akan tetapi sama seperti daerah lain yang keuntungan banding kerugian hampir seimbang, Karena apa sajakah yang mengancam kegagalan panen?

• Longsor
Biasanya longsor ini terjadi pada tingkat curah hujan yang tinggi, dan hal yang sangat merugikan bagi petani, karena sayuran yang dia tanam dan ia rawat semua hancur dan menyebabkan kerugian yang banyak serta harus menanam ulang kembali.
• Banjir
Banjir adalah salah satu faktor utama kegagalan panen yang tidak bisa di prediksi dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinnya karena semua sayuran yang hampir berhasil dipanen pun, akan menjadi rusak dan tidak layak dikonsumsi.
• Keringnya Air Irigasi
Air irigasi yang kering pun salah satu faktor penyebab kegagalan panen.
• Kabut Tebal
Kabut tebal juga salah satu gangguan yang di alami oleh seorang petani karena mengganggu pengelihatan petani untuk meneliti sayur mayur yang akan panen.

Dan agar sayuran berhasil panen yaitu diserati:

• Cuaca yang baik/tidak ekstrim
Dengan cuaca yang mendukung pasti akan mempermudah/mempercepat panennya sayuran, dan akan menjadikan sayuran yang baik.
• Cukupnya Air Irigasi
Sayuran butuh air yang baik untuk pekembangannya dan yang terbaik yaitu air irigasi.
• Tidak Tingginya Tingkat Kelembaban
Dengan tidak tingginya tingkat kelembaban maka tidak akan ada hama yang mengganggu untuk proses panennya sayuran sayuran itu.

Dengan demikianlah, tugas sebagai petani untuk tetap menjaga sayur-sayurannya agar tidak rusak dan dapat menghasilkan untuk mencukupi kebutuhan hidup perekonomiannya karena petani sangatlah bergantung terhadap sayur-sayuran yang di hasilkannya maka manfaat sayur mayur sebagai potensi pertanian adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang petani, di Indonesia sekarang ada banyak hal untuk menjaga sayur mayur yang akan sampai pada tangan konsumen yaitu:

• Mengecek Hari panen sayur mayur.
• Mengumpulkan sayuran yang akan dikirim ke supermarket/pasar tradisional.
• Pengecekan tingkat ke higenisan dari sayuran tersebut.

Itulah manfaat sayur mayur sebagai potensi pertanian.

No comments:

Post a Comment