Saturday, January 9, 2016

Pertimbangan untuk Membuat Tambak Udang


Ada banyak usaha yang dapat dilakukan ketika anda memiliki cukup modal, tetapi dengan modal yang terbatas sebenarnya hal ini juga tetap mungkin untuk dilakukan meskipun bukan merupakan usaha paling utama. Melihat banyaknya perkembangan saat ini bahwa memiliki usaha sampingan menjadi pilihan yang sangat menarik untuk banyak kalangan. Usaha tambak udang dapat menjadi pilihan alternatif anda, karena ini akan menjadi bagian dari usaha yang dilakukan secara sampingan dari pekerjaan utama anda yang tentu saja akan mendatangkan berbagai keuntungan. Selain itu ini juga sebenarnya tidak selalu harus dilakukan dengan modal yang besar selama dapat dimaksimalkan dengan berbagai hal yang sudah dimiliki sebelumnya. 

Jika anda tergolong pada orang yang menyadari berbagai peluang usaha yang ada disekitar anda. Memanfaatkan lahan atau sekedar berusaha menjadikan salah satu usaha untuk tabungan masa tua memiliki tambak udang ini dapat menjadi pertimbangan yang penting. Tetapi jika anda ingin menekuni usaha ini maka ada beberapa point yang dapat anda pelajari untuk menjadikan usaha ini berjalan dengan benar. Berikut ini adalah hal penting yang mempengaruhi tambak tersebut :

o Memilih lokasi untuk tambak udang sedikit berbeda dari sekedar memilih lokasi tambak yang lainnya. Karena ini memiliki banyak karakteristik seperti pilihan untuk lokasi yang semestinya tidak bersama dengan pemukiman. Hal ini merupakan upaya untuk menghindari pencemaran atau sekedar polusi karena udang sensitif dengan hal tersebut dalam perkembangannya.

o Sumber air, dalam mengembangkan tambak harus ditentukan jenis udang dan juga penyesuaian terhadap jenis air yang digunakan. Dengan memilih jenis air tawar maupun laut untuk mengisi tambak tersebut. Karena biasanya ini akan sangat berpengaruh pada ketersediaan air. Maka sumber air ini setidaknya harus berlimpah disekitar tambak yang anda buat. 

o Jenis tanah dalam tambak juga merupakan hal yang penting dari lokasi dan sumber air karena ini akan saling berpengaruh. Maka dari itu semua komponen ini setidaknya tidak menjadi koponen yang terpisahkan. Dengan kata lain akan ada kesatuan dalam ini yang mendukung pertumbuhan udang. Tanah yang dipilih adalah tanah yang sedikit berpasir dan juga memiliki unsur hara yang subur. Karena ini merupakan habitat yang sangat sesuai untuk udang bahkan untuk semua jenis udang.

o Perawatan, inilah yang menjadi point terpenting yang menentukan hasil dari keberadaan tambak tersebut. Hal ini meliputi pemberian makanan atau bahkan suplemen untuk udang yang dipelihara. Selain itu juga termasuk masalah air yang harus dijaga atau setidaknya dibuatkan sistem filter yang membantu pembersihan tambak secara maksimal. 

Memiliki tambak ini memang terkesan sedikit merepotkan tetapi memberi makan dan sebagainya tidak selalu setiap saat melainkan ada jangka waktu maka dari itu diawal telah sedikit disinggung bahwa ini dapat menjadi usaha sampingan terutama jika lokasi yang anda pilih dapat ditempuh dengan mudah. Dalam memutuskan untuk memiliki tambak udang ini juga penting untuk membuat pertimbangan tekait benih dan juga arah usaha yaitu penjualan hasil panennya. Hal ini tidak kalah penting karena merupakan tujuan sekaligus sejenis motivasi bagi anda untuk melakukan penangkaran udang ini dengan tepat dan baik. Tentu saja ini juga tergantung pada jenis udang yang dipilih serta jangka waktu untuk melakukan panen dari tambak. Biasanya ini dipertimbangkan sejak dari pemilihan benih, karena dalam hal ini anda dapat memilih benih dengan usia tertentu yang akan membuat lebih cepat atau justru lambat dalam panen udang tersebut.






1 comment:

  1. kami memiliki 500ha lahan tambak air payau (berupa hutan mangrove) sudah terdpat 2 petak tambak(7ha& 17ha) lokasi di kalimantan utara jika berminat membeli/kerjasama hub 085222440659/ anto_bunyu@yahoo.com

    ReplyDelete