Wednesday, January 27, 2016

Potensi Kebun Sawit Sebagai Investasi Masa Depan


Perkebunan kelapa sawit sudah sangat dikenal sebagai salah satu perkebunan dengan potensi yang menjanjikan. Mengingat komoditas sawit memang salah satu hasil pertanian dengan harga jual yang cukup tinggi diberbagai pasaran. Terlebih lagi potensi kebun sawit ini dapat dikembangkan diarea yang banyak terdapat dinegara kita dengan musim atau iklim yang sesuai. Bahkan ini dapat dilakukan dengan penaman dilahan hutan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat disekitarnya. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa untuk dapat memiliki lahan sawit ini perlu memilik modal yang cukup. Karena sawit ini membutuhkan lahan yang sekiranya luas dan juga memerlukan persiapan penanaman yang cukup banyak, maka dari itu akan sangat baik jika anda memperhitungkan hal ini sejak awal sehingga anda dapat memaksimalkan perkebunan sawit anda.
Menanam sawit memerlukan berbagai hal penting untuk mendapatkan pertimbangan utama yang secara langsung memang harus diperhitungkan oleh para petani sawit. Bahkan sebelum memutuskan menjadi petani sawit ini juga menjadi bagian dari pertimbangan yang harus diperhatikan. Proses ini dapat dijadikan ketiga bagian penting yaitu sebelum penanaman sawit, perawatan dan juga pasca panen sawit tersebut. Ketiga hal ini akan sangat berpengaruh besar pada pengembangan potensi kebun sawit yang anda miliki. Karena tentu saja dengan memiliki perkebunan ini akan sangat mungkin menjadi bagian dari jaminan masa depan anda dan keluarga. Beberapa hal yang harus diperhatikan dengan benar dalam perkebunan sawit adalah :
o Pra perkebunan sawit, ini merupakan proses awal untuk memiliki perkebunan sawit yang dapat diharapkan sebagai penghasilan atau tabungan masa depan bagi anda dan keluarga. Hal yang harus diketahui dalam masa ini adalah mempersiapkan lahan yang cocok untuk menanam sawit. Ini semua mencakup pertimbangan mengenai kondisi tanah, unsur hara, kesuburan, lokasi dan bahkan sampai pada kondisi lingkungan kebun yang digunakan. Serta kontur tanah juga menjadi salah satu bagian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dengan benar. Kemudian ini dilanjutkan dengan pemilihan bibit sawit yang berkualitas untuk ditanam.
o Perawatan perkebunan, proses ini merupakan salah satu upaya yang ditempuh sebagai pengembangan potensi kebun sawit yang anda miliki. Karena ini merupakan proses perawatan secara teknis terhadap pohon sawit yang anda tanam, mulai dari memberi pupuk, mengairi, dan juga memberikan berbagai perawatan khusus seperti memangkas dan sebagainya. Ini juga akan sangat mendukung untuk melakukan beberapa upaya memaksimalkan hasil panen.
o Proses panen, dalam proses ini yang paling penting adalah memastikan bahwa sawit yang anda tanam memang telah memiliki buah yang sudah layak panen. Sehingga ini biasanya menghitung dari patokan waktu yang dibutuhkan buah secara alami. Selain itu terdapat teknik panen yang benar agar kualitas buah yang dipanen tetap terjaga dengan baik.
o Pasca panen, tahapan ini tergolong hal yang sangat penting hal ini akan menentukan kemana komoditas ini selanjutnya akan dijual atau didistribusikan. Selain itu sangat penting untuk terlebih dahulu mengetahui berbagai jenis pengolahan yang dapat diperoleh dari kelapa sawit tersebut, sehingga anda dapat memilih untuk melakukan pengolahan ataupun penjualan yang diinginkan.
Produk kelapa sawit memang terbilang banyak dan juga memiliki nilai yang cukup berharga maka dari itu jenis pengolahan tertentu yang anda pilih dapat menentukan penghasilan dari pekebunan anda. Bahkan dalam hal ini potensi kebun sawit yang ada akan dapat memiliki nilai lebih ketika dapat menjadikan ini sebagai produk kualitas tinggi dan juga menembus pasar ekspor ke berbagai lokasi. Terlebih lagi jika sejak awal perkebunan ini dikelola untuk bisnis maka biasanya akan dengan mudah mendapat sejumlah penawaran dalam penjualan hasil sawit tersebut.

1 comment:

  1. terimakasih atas sharingnya, ternyata dengan memiliki kebun sawit juga bisa menjadi investasi yang cukup berharga pada masa depan

    ReplyDelete