Sunday, January 17, 2016

Pepaya sebagai Potensi Perkebunan yang Menjanjikan


Komoditas pertanian memang tidak pernah habis memberikan pengaruh dalam keseharian masyarakat luas. Berbagai jenis hasil dari pertanian dibutuhkan dan juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Di beberapa bidang pertanian bahkan memiliki peluang atau potensi besar untuk mendapatkan keuntungan. Pepaya sebagai potensi perkebunan merupakan salah satu yang kini tengah menjadi sorotan dikalangan petani. Buah yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri untuk banyak kalangan. Dapat dipastikan ini tidak hanya mengenai jenis buah ini melainkan juga karena kandungan dan juga berbagai keistimewaannya. Dan salah satunya adalah dapat tumbuh dengan baik dipekarangan. Lahan yang kering tetapi subur dapat menjadikan pohon pepaya tumbuh dengan baik. Dikatakan sebagai potensi perkebunan jika anda memutuskan menanamnya dalam jumlah tertentu.

Menanam pepaya dapat dilakukan dilahan pekarangan dan perkebunan yang anda miliki. Menanam dalam jumlah benih yang banyak maka ini akan menjadikan komoditas buah yang dapat dipanen dan menghasilkan keuntungan yang besar. Bahkan jika ditanam dipekarang juga dapat menjadi penghasil buah yang efektif untuk konsumsi anda sekeluarga. Karena tidak dipungkiri buah satu ini menjadi salah satu hidangan yang populer dimeja makan dan banyak lainnya. Maka bukan hal yang berlebihan jika kini mengatakan pepaya sebagai potensi perkebunan buah yang menjanjikan. 

Terdapat banyak potensi yang dapat dilihat sebagai prospek dari keberadaan buah yang satu ini diantaranya :

o Bahan makanan, sudah menjadi dasarnya ini memang salah satu jenis buah yang tentu saja dapat dimakan. Buah pepaya dapat dimakan secara langsung ketika telah matang dan juga dapat dijadikan berbagai olahan makanan untuk dinikmati berdasarkan inovasi dan selera. Buah ini bahkan memiliki harga yang cukup tinggi ketika masih segar. Karena kebanyakan akan menjadikannya buah pencuci mulut yang peraktis. Adapun jenis makanan olahan dari buah ini seperti manisan, puding dan lainnya juga dapat menjadi pilihan pengolahan setelah panen buah pepaya.
o Bahan kosmetik, buah ini juga berpotensi menjadi salah satu bahan kosmetik yang sangat diminati dan juga populer. Ini terjadi karena kandungan yang dimiliki pepaya memang banyak mengandung zat bermanfaat bagi kulit. Pepaya sebagai potensi perkebunan dalam bidang ini dapat menghasilkan untung yang besar jika dapat memiliki komoditas jual yang maksimal terutama untuk membuat berbagai produk kosmetik.
o Komoditas ekspor, saat ini pepaya mulai dikenal bahkan sampai di luar negri maka tidak heran jika banyak negara pada akhirnya mengimpor buah ini dari kita. Oleh karena itu harga pepaya jenis tertentu dapat melambung dipasaran karena hal ini. Maka akan sangat menguntungkan ketika pengembangkan perkebunan yang ditanami dengan buah ini.

Menanam buah pepaya memiliki banyak keuntungan yang sangat potensial terutama jika dapat menghasilkan yang berkualitas unggul. Istimewanya buah yang satu ini bukan tergolong pada buah musiman. Buah ini akan berbuah secara terus menerus hanya saja tentu akan memiliki kualitas yang berbeda ketika mendapat pengaruh dari iklim atau cuaca. Sebelum memutuskan untuk menanam buah pepaya sebagai potensi perkebunan yang anda miliki ada beberapa hal yang harus anda pastikan sehingga prospek perkebuanan anda memiliki arah yang jelas menuju keuntungan. Pastikan anda memiliki benih yang berkualitas, pastikan anda menanam dan merawat dengan benar dan tentu saja pastikan anda memiliki link atau tempat penjualan untuk hasil panen yang anda miliki. Dengan begitu perkebunan tersebut dapat menjadi penghasil keuntungan yang optimal.

No comments:

Post a Comment