Monday, January 25, 2016

Pertanian di Lahan Perkotaan


Tinggal di daerah perkotaan memang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Selain akses transportasi mudah, akses dalam kemudahan komunikasi juga tersedia. Segala perlengkapan dan fasilitas di perkotaan juga sangat lengkap dan tersedia di sana. Sayangnya lahan pertanian di perkotaan sangat susah ditemukan ataupun dibuat. Hal ini dikarenakan lahannya yang sudah habis diisi oleh bangunan-bangunan rumah dan gedung bertingkat. Membuat kemungkinan pertanian di lahan perkotaan semakin mustahil adanya.
Akan tetapi tidak perlu berkecil hati, bagi anda yang tinggal di kota dan hanya memiliki lahan yang kecil namun ingin memiliki tanaman-tanaman yang dapat dibuat sayur. Salah satu sayur yang dapat anda tanam adalah kangkung air. Tanaman ini sangat mudah sekali perawatannya, dan bila sudah tumbuh dapat pula sebagai penghijau teras rumah anda yang kecil agar tidak gersang. Pertanian di lahan perkotaan untuk menanam sayur kangkung bisa dibuat dengan metode hidroponik. 
Berikut langkah-langkahnya :
1. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, dengan menyiapkan gelas plastik bekas air mineral bekas yang ada di rumah anda minimal 2 buah. Lalu siapkan spons yang dapat anda beli di toko / swalayan terdekat, bisa juga menggantinya dengan kain perca yang sudah tidak terpakai.
2. Siapkan 2 gelas tadi dan lubangi salah satu gelasnya di bagian bawah gelas dengan paku. Lubang ini fungsinya untuk penyerapan air dan berkembangnya akar kangkung tersebut.
3. Isikan air bersih sekitar sepertiga gelas ke gelas pertama. Lalu taruh gelas kedua yang telah dilubangi bagian bawahnya tadi ke atas tampungan gelas yang pertama (gelas kedua dimasukkan pada gelas yang pertama).
4. Taruh spons basah yang telah dipotong seukuran liingkaran gelas pada gelas kedua. Dan didapatkan dua gelas menumpuk, pada gelas pertama berisi air dan yang kedua berisi spons basah. Spons basah tersebut harus menyentuh permukaan air pada gelas pertama.
5. Bila anda menggunakan kain perca, maka sobekklah kain perca basah sebelum dimasukkan dalam gelas kedua. Buatlah sobekan panjang agar seperti sumbu kompor, dan masukan sobekan kain itu ke dalam lubang yang telah dibuat dengan paku tadi. Jadi benar-benar seperti sumbu kompor dan kain tak pernah kering selagi masih ada air.
6. Taruh biji-biji benih kangkung yang dapat anda beli di toko pertanian di dekat rumah anda. Taruh 5-10 biji agar tumbuh rimbun.
7. Anda tidak perlu repot menyiram tanaman anda tersebut. Cukup menambahkan air pada gelas pertama jika dirasa airnya kurang. Jangan lupa berikan nutrisi tambahan untuk tanaman kangkung anda berupa pupuk cair ataupun pupuk kandang pada air di gelas pertama.
8. Menaman kangkung pada pertanian di lahan perkotaan ini akan dapat dipanen setiap 25-30 hari sekali.
Bagaimana, mudah bukan? selain menjadi tanaman hias yang cantik, karena kangkung tahan terhadap hama, kangkung juga dapat menjadi sayur yang lezat dan kaya akan zat besi yang sangat penting bagi kebutuhan gizi keluarga anda. Pertanian di lahan perkotaan ini dapat digunakan sebagai alternatif lain untuk menyejukkan lingkungan maupun sumber makanan yang lezat. Kuncinya, gunakan kreativitas, dan kalau perlu anda dapat membuat gantungan-gantungan untuk tanaman anda pada tembok depan rumah anda. Rumah anda akan seperti memiliki taman yang akan membuat anda merasa nyaman tinggal di rumah dengan melihat pemandangan yang sejuk. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment