Tuesday, February 16, 2016

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan untuk Membuat Aquascape

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape. Aquascape adalah seni menata tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Indah sekali bukan, nah pernahkah anda terfikir untuk membuatnya sendiri. Jika anda benar – benar ingin membuatnya sendiri, anda perlu meyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Kali ini mari kita bahas tentang bahan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aquascape tersebut. 

1. Akuarium 
Untuk membuat aquascape tentunya akuarium adalah hal yang paling penting. Akuarium yang sering di pakai adalah akuarium berbentuk kubus atau kotak. 

2. Filter
Peralatan ini fungsinnya sangat penting untuk menyaring kotoran yang mungkin masuk kembali ke dalam air. Filter ini memiliki 2 jenis yaiu HOB dan canister. HOB biasanya digunakan untuk akuarium berukuran besar, sedangkan canister untuk akuarium kecil.

3. Lampu 
Lampu disini bukan hanya berfungsi sebagai penerang saja, namun juga untuk pengganti sinar matahari dalam proses fotosintesis tumbuhan di dalam akuarium. Jika tidak di beri cahaya maka tumbuhan dalam akuarium akan tumbuh kerdil dan tidak normal bahkan bisa mati.

4. Perlengkapan co2
Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape  adalah perlengkapan co2 ini dibutuhkan untuk proses fotosintesis, selain cahaya tentunya co2 juga dibutuhkan untuk proses fotosintesis. Perlengkapan co2 juga berfungsi untuk mengontrol kadar co2 dalam air. Perlengkapan co2 juga ada beberapa jenis.

Tabung co2
Fungsi tabung co2 adalah menyimpan gas co2, biasanya tabung ini terbuat dari alumunium.

Co2 indikator
Alat ini berfungsi untuk mengontrol atau mengecek kandungan co2 dalam air, apakah sudah sesuai ataukah kurang atau malah berlebihan.

Co2diffuser
Alat ini berfungsi untuk memecah gelembung – gelembung co2 sehingga menjadi partikel – partikel yang sangat kecil dan mudah larut dalam air. 

Bubble counter
Alat ini berfungsi menghitung berapa banyak co2 yang akan dilarutkan ke dalam air.

Check valve
Fungsi dari alat ini adalah untuk mencegah aliran co2 berbalik ke dalam tabung.

Selang silikon
Berfungsi untuk mengalirkan gas co2 kedalam akuarium. Pilihlah yang terbuat dari bahan silikon lentur sehingga pas untuk lubang regulator anda.

5. Substrat 
Substrat dalam aquascape adalah media dari tanaman yang bisa berupa tanah, pasir ataupun kerikil. Yang terpenting adalah mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tanaman. Substrat yang sering digunakan adalah pasir.

6. Pupuk
Pupuk disini fungsinya sama seperti pupuk pada umumnya yaitu menyediakan sumber  nutrisi untuk tanaman.

7. Tanaman 
Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape  yang selanjutnya adalah tanaman. Ini adalah inti dari aquascape, bukan aquascape namanya jika tidak ada tumbuhannya. 

8. Hardscape 
Hardscape adalah penunjang untuk membuat landscape seperti yang kita inginkan. Material yang biasanya digunakan adalah, kayu, ranting, dan juga batu. Gunakanlah material yang berwarna cerah dan menarik untuk menambah keindahan aquascape anda.

9. Fauna (ikan, udang)
Fauna ini justru hanya sebuah pelengkap agar aquascape anda terlihat hidup karena adanya ekosistem. Gunakanlah ikan yang berwarna menarik untuk memperindah akuarium anda.

10. Termometer 
Benda ini berfungsi untuk mengetahui suhu dalam akuarium itu sesuai dengan rangenya atau tidak

11. Digital timer
Alat yang terakir ini berfungsi untuk mengatur pencahayaan, untuk mematikan lampu secara otomatis, terutama jika akan anda tinggal pergi.

Itulah tadi bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape untuk mendapatkan hasil maksimal, sebenarnya bisa menggunakan alat yang lebih sederhana namun untuk skala yang lebih kecil. 


No comments:

Post a Comment