Monday, February 15, 2016

Cara Membuat Aquascape untuk Pemula

Bila Anda seorang pemula yang baru ingin terjun ke dalam dunia aquascape, maka Anda akan membutuhkan cara membuat aquascape untuk pemula yang mudah untuk dilakukan dan diterapkan. Maka dari itulah Anda harus memperhatikan beberapa langkah di bawah ini sehingga Anda bisa membuat aquascape yang indah.

Salah satu cara membuat aquascape untuk pemula yang pertama adalah silahkan Anda siapkan bahannya lebih dahulu. Bila sudah, segera saja cari ide dari desainnya yang digunakan. Bila Anda masih bingung dengan desain apa yang akan Anda gunakan, maka Anda bisa melihat desainnya di internet. Selanjutnya jangan lupa untuk mempersiapkan tempat dimana Anda meletakkan aquarium supaya bisa terlindungi oleh sinar matahari secara langsung. Beberapa bahan yang harus disiapkan untuk menciptakan aquascape adalah aquarium, filter, lampu, pasir soil, tanaman, pupuk dasar dan pupuk cair, ikan, karbondioksida, dan kipas atau chiller bila dibutuhkan. Selanjutnya, langkah kedua adalah tempatkan semua bahan substrate yang disebutkan baru saja itu di dalam aquarium. Jadi, sebarkan pupuk pada dasaran aquarium hingga setebal 1 cm lebih. Selanjutnya tutup dengan pasir malang kasar hingga mencapai 2 hingga 3 cm. Dengan menggunakan pasir malang itulah akan bisa digunakan sebagai tempat untuk tinggal bakteri dan juga pengakaran. Barulah setelah itu, taburkan lapisan tanah dan soil ke dalam aquarium hingga setebal 2 sampai dengan 3 cm yang berguna sebagai media tanam untuk membantu dalam proses penanaman.

Cara membuat aquascape untuk pemula yang ketiga adalah aturlah hardscape yang Anda gunakan, seperti kayu, karang, dan bebatuan pada desain yang Anda impikan. Bila sudah, segeralah tuangkan air ke aquarium tersebut sehingga lapisan bawah tanah menjadi basah. Bila perlu gunakan piring atau saringan ketika menuangkan air tersebut, sehingga lapisan substrate menjadi tidak rusak. Dan cara yang keempat adalah siapkan tanaman yang akan digunakan dan mulailah menanam. Bila perlu gunakan saja pinset untuk membuat proses penanaman menjadi lebih mudah. Setelah itu, bagi tanaman ke dalam sebuah porsi yang lebih kecil hingga merata. Anda bisa mencoba menyebarkannya dalam porsi kecil. Itu jauh lebih mudah bila dibandingkan menanam pada satu titik saja namun dengan jumlah yang banyak. Pastikan bahwa tidak lupa untuk menyemprotkan air secara berkala selama proses pananaman, sehingga tanaman yang digunakan tetap lembab. Karena bila Anda menanamnya dalam keadaan kering, itu bisa membuat daunnya menjadi rusak. Jika sudah, maka cara keempat adalah isilah aquarium menggunakan air hingga penuh dan hati – hati, supaya tidak merusak landscape nya juga. Mungkin anda akan merasa bahwa air menjadi terlihat lebih kusam dalam beberapa saat. Namun jangan khawatir. Karena nantinya air akan bersih sendiri. Setelah itu, pasanglah filter, untuk membuat air menjadi bersih dari kotoran. Dan berikan juga pencahayaan yang cukup untuk mengganti sinar matahari sebagai proses dari fotosintesis. Sebaiknya lakukan penyinaran maksimal selama 8 hingga 9 jam setiap harinya. Karena bila Anda menggunakan pencahayaan yang banyak, itu akan membuat pertumbuhan alga menjadi cepat, dan air menjadi keruh. Sehingga ini akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi terganggu.

Demikianlah beberapa cara membuat aquascape untuk pemula yang bisa Anda gunakan sebagai dasar – dasar dalam membuat aquascape khususnya untuk pemula. Sehingga cukup dengan mengkreasikan aquascape Anda itulah akan membuat tampilan aquarium Anda menjadi terlihat lebih hidup dan berwarna.

No comments:

Post a Comment