Sunday, February 28, 2016

Bisnis Peternakan Kenari yang Menjanjikan


Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang dikenal memiliki kicauan yang merdu dan indah. Permintaan akan burung ini masih terbilang tinggi di pasaran, oleh karena itulah bisnis peternakan kenari ini menjadi sangat menjanjikan untuk dijalani. Bagi anda baik pemula maupun pecinta burung ulung yang ingin memulai bisnis ternak kenari maka berikut akan kami berikan tips serta trik untuk memulai bisnis ternak kenari agar berjalan sukses. 

Alasan mengapa burung kenari adalah jenis burung yang mudah diternakkan adalah karena :

Mudah dijinakkan 
Burung yang jinak akan lebih mudah di atur atau di ajak untuk mengeluarkan bunyinya yang khas dan melengking sehingga akan menambah kecintaan pemilik terhadap kenari itu sendiri saat  mendatangi tempat peternakan kenari anda. 

Tidak mudah stress
Burung kenari diklaim sebagai burung yang memiliki tingkat stress yang rendah. Jadi tidak terlalu merepotkan anda untuk menyiapkan segala macam obat atau peralatan khusus. 

Memiliki birahi yang mudah naik
Ini tentu saja akan mempermudah usaha ternak kenari anda karena perkembangbiakan burung kenari ini sangat cepat dan mudah.
Untuk memulai bisnis peternakan kenari anda tentunya harus memiliki pengetahuan seputar kenari, misalnya cara membedakan jantan dan betina agar dalam proses penjodohan anda tidak akan salah. 

Selain itu anda juga harus melakukan hal – hal berikut ini :

1. Memilih bibit yang berkualitas
Indukan yang berkualitas adalah satu hal yang wajib anda miliki ketika akan memulai bisnis ini. Indukan burung kenari yang berkualitas memiliki ciri – ciri yakni sudah pernah mabung atau pernah mengalami kerontokan bulu bagi si betinanya, sedangkan bagi pejantan harus memiliki alat kelamin yang besar dan panjang agar keturunannya nanti juga akan serupa. Selain itu indukan yang bagus juga harus memiliki bulu mengkilat, gerak yang lincah serta nafsu makan yang baik. 

2. Menyiapkan sangkar serta peralatan penunjang lainnya
Sangkar yang baik untuk ternak kenari adalah sangkar khusus untuk ternak atau sangkar yang memiliki sekat antara kiri dan kanan sehingga akan memudahkan untuk melakukan proses penjodohan. Peralatan lain seperti tempat makan dan minum juga harus diperhatikan. 

3. Memilih makanan kenari
Makanan yang biasanya diberikan untuk burung kenari adalah jenis biji – bijian seperti  biji sawi, canary seed, serta mentimun, sawi putih, telur rebus baik telur ayam maupun telur puyuh. Jangan lupa untuk memberikan minum dan menggantinya secara rutin dan bila perlu tambahkan multivitamin untuk menjaga kesehatan si kenari. 

4. Melakukan proses penjodohan
Proses penjodohan bisa dilakukan setelah kenari terlihat memiliki keinginan untuk kawin dengan pasangannya. Biasanya proses penjodohan dilakukan selama 3 hari dengan mendekatkan kenari dengan pasangan yang akan dijodohkan. Setelah keduanya terlihat saling tertarik dengan memperlihatkan ciri – ciri seperti saling saut menyaut dengan kicauan, si betina akan mengeleperkan dan membuat gerakan seperti menungging dan keduanya saling akur maka anda dapat menggabungkan keduanya dalam satu kandang. 

5. Proses kawin
Dalam proses kawin ini anda harus memperhatikan bahwa anda hanya boleh memasukkan kenari jantan ke dalam kandang kenari betina bukan sebaliknya. Jika keduanya memang berjodoh maka akan segera melakukan proses perkawinan, biarkan selama sehari dan setelah itu anda bisa kembali mengambil pejantan untuk diletakkan di dalam kandang betinanya. Jangan lupa untuk memberikan sarang di kandang betina agar kenari dapat menemukan tempat yang nyaman untuk bertelur. 

6. Proses pengeraman
Ketika si betina telah bertelur maka sebaiknya anda menggabungkan lagi si betina dan pejantan. Karena pejantan akan senantiasa menyuruh si betina untuk tetap bertahan di sarang mengerami telurnya. Selama proses pengeraman anda harus memperhatikan makanan untuk indukannya, jangan sampai kekurangan. Bahkan anda juga harus menambahkan apel serta sawi dan telor puyuh. 

7. Proses panen
Telur – telur kenari biasanya akan mulai menetas pada hari ke – 14. Pakan yang diberikan saat minggu pertama adalah biji – bijian saja. Setelah anakan kenari berumur 2 minggu maka anda dapat menambahkan apel serta sawi sampai anakan tumbuh besar dan siap kawin. Setelah anakan berusia 1 bulan maka anda bisa memindahkan anakan ke kandang yang lain. 

Nah begitulah kira – kira langkah – langkah serta apa saja yang harus anda persiapkan untuk memulai bisnis peternakan kenari. Sangat mudah bukan ? tunggu apalagi, segera mulai usaha peternakan kenari anda !

No comments:

Post a Comment