Tuesday, February 16, 2016

Cara Menanam Hidroponik Cabe yang Mudah

Cabe adalah salah satu bahan makanan yang selalu dicari orang Indonesia. Lidah Indonesia yang menggemari rasa pedas ini membuat para petani tertarik untuk menanam cabe. Namun, harga cabe dapat naik hingga level teratas pada momen tertentu. Untuk menyiasatinya, gunakan cara menanam hidroponik cabe. Cara hidroponik ini tidak memerlukan lahan yang luas. Gunakan saja lahan disekitar rumah walaupun hanya space kecil, hidroponik tetap dapat dikembangkan. Seperti namanya, hidroponik adalah cara menanam dengan media air. Jadi, tidak memerlukan tanah yang luas. Kita juga tidak perlu menyiramnya sehingga bisa menghemat air. Perawatannya juga tidak ribet dan tidak memakan banyak waktu.

Dalam cara menanam hidroponik cabe ini, kita harus tahu lagkah-langkah dalam menanamnya.

1. Penyemaian benih
Untuk langkah awal menanam cabe hidroponik, kita harus menyemai benihnya dulu. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan bibit cabai yaitu dari dapur sendiri. Pilih cabai yang sudah tua dan tidak ada penyakit. Ambil bijinya dan taburkan ke media semai. Media semai yang digunakan dapat berupa tanah, pupuk kompos dan sekam dengan perbandingan yang sama. Tabur dengan jarak yang tidak terlalu dekat lalu tutup dengan tanah yang halus agar benih nantinya dapat tumbuh dengan mudah. Siram semaian dengan sprayer namun jangan terlalu banyak. Benih cabai akan tumbuh dalam 5 hari atau lebih.

2. Siapkan media tanam
Untuk cabe hidroponik dapat digunakan media tanam dari campuran sekam bakar atau arang sekam dengan serbuk sabut kelapa. Cara termudah adalah menggunakan sistem wick hidroponik. Sistem wick berarti menggunakan sumbu. Dan sumbu yang terbaik adalah kain yang memiliki daya serap tinggi. Biasanya digunakan kain flanel.

3. Menyiapkan wadah
Wadah yang diperlukan untuk sistem hidroponi wick ini dapat digunakan dari barang bekas tak terpakai. Dan kita memerlukan 2 wadah untuk tandon nutrisi dan media tanam. Untuk tandon nutrisi pilihlah wadah yang lebih besar. Misal, kaleng susu besar, toples plastik atau kaleng biskuit besar. Dan untuk media tanam gunakan saja gelas plastik minuman yang diberi lubang pada bagian bawah dan dimasukan kain flanel. Biarkan satu bagian kain flanel menjulur ke bawah

4. Menanam dalam cara hidroponik wick
Tanam bibit dalam media yang sudah dimasukan ke wadah gelas plastik bekas tadi. Lalu tumpangkan gelas plastik tersebut diatas tandon cairan nutrisi. Jadi, bagian kain flanel yang menjulur kebawah tercelup dalam cairan nutrisi.

Dalam cara menanam hidroponik cabe diperlukan cairan nutrisi. Cairan nutrisi hidroponik ini bisa dibeli di toko pertanian atau penjual tanaman. Namun, jenisnya masih nutrisi siap pakai dari bahan kimia sintesis. Bentuk nutrisi yang dijual secara umum biasanya berupa butiran garam dan cairan siap pakai. Untuk butiran garam tentu harus dilarutkan dulu baru dapat dipakai. Biasanya terdiri dari butiran A dan butiran B dan harus dilarutkan secara terpisah sebelum dicampur dan kemudian dapat digunakan. Untuk nutrisi yang dibeli dalam bentuk cair dapat langsung digunakan.

Menanam secara hidroponik ini juga dapat digunakan untuk jenis sayuran lain seperti sawi, selada, bayam dan masih banyak lagi. Anda juga tidak dituntut untuk mengeluarkan banyak biaya. Hanya cukup biaya untuk membeli cairan nutrisi yang tidak sampai 40 ribu rupiah. Dan dapat digunakan beberapa kali. Coba bandingkan dengan membeli makanan pedas di rumah makan. Tentu cara menanam hidroponik cabe ini memberikan keuntungan dengan selisih biaya yang jauh berbeda.

No comments:

Post a Comment