Wednesday, February 17, 2016

Tips Membuat Aquascape Sederhana untuk Pemula

Banyaknya kemunculan aquascape yang hadir dalam beberapa hari ini sering kali membuat semua orang menjadi bingung untuk mencari tips membuat aquascape sederhana untuk pemula. Bahkan ada beberapa juga yang sempat bingung untuk membedakan antara aquascape dengan aquarium. Karena itulah sebelum Anda membuat aquascape, akan lebih baik bila Anda memperhatikan tentang dua perbedaan di antara dua hal tersebut. Sehingga Anda bisa membuat aquascape impian Anda. yang pasti antara aquascape dan aquarium ini memiliki perbedaan pada bagian peletakkan box nya dan penggunaan box nya juga. Disinilah akan ada perbedaan teknik yang digunakan untuk penggunaan pada box nya. Dimana untuk aquarium sendiri biasanya penggunaan box nya tersebut hanya akan berfokus pada ikan hiasnya saja yang dipelihara. Sedangkan untuk pembuatan aquascape itu justru lebih berfokus pada tanaman air yang digunakan dan kayunya juga untuk media tumbuh tanaman yang dipelihara. Disamping itu,  berbicara untuk isi dari aquascape itu sendiri, biasanya Anda hanya akan menggunakan ikan yang bukan tipe predator. Karena bila memasukkan ikan predator ke dalam tanaman, itu hanya akan membuat aquascape menjadi rusak. Karena itulah sebaiknya simak tips berikut ini untuk menciptakan aquascape yang sederhana, antara lain:

Pertama, sebaiknya sebelum Anda membuat aquascape, maka siapkan dulu beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan aquascape itu sendiri. Dimana untuk salah satu tips membuat aquascape sederhana adalah harus menyiapkan tank aquarium dengan ukuran yang pas dengan selera Anda. Selain itu, siapkan juga beberapa bahan pendukungnya seperti pasir kwarsa, pasir malang, tanaman air, batu hias, lampu, filter, CO2, dan pendingin air. Bila nanti Anda sudah menyiapkan beberapa bahan di atas, maka langkah selanjutnya adalah periksalah aquarium yang Anda gunakan dan setelah itu letakkan pasir malang hingga mencapai 4 cm. Setelah itu, buatlah desain landscape yang Anda inginkan. Namun akan lebih baik bila Anda sudah menyiapkan desainnya lebih awal sebelum akhirnya Anda membeli bahan – bahan untuk membuat aquascape tersebut. Barulah setelah itu, silahkan Anda buat konsep tanaman sesuai dengan pilihan Anda. Namun pastikan bahwa Anda telah memadatkan pasir dan sebagiannya tutupilah dengan lumut atau timpa juga dengan batu. Sehingga pasir yang digunakan nanti tidak menjadi berantakan ketika akan diisi air. Barulah nanti ketika lumut sudah mulai menempel di bagian substrat yang baru, yaitu selama 2 minggu, Anda bisa memindahkan batu – batuan yang Anda gunakan.

Tips membuat aquascape sederhana yang kedua adalah setelah konsep aquarium sudah ditentukan, maka selanjutnya susunlah batu – batuan dan tata kembali batu – batuan juga kayu – kayuan yang digunakan. Dan yang perlu diperhatikan disini adalah, Anda harus bisa memilih batuan yang berlumut. Sehingga nantinya akan tercipta sebuah aquascape yang berkesan vintage dan juga natural untuk kolam Anda tersebut. Jangan lupa untuk letakkan filter di bagian samping aquarium untuk membuat filter tidak banyak memakan tempat. Dengan begitu kolam akan menjadi lebih indah.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips membuat aquascape sederhana yang bisa Anda coba untuk buat sekarang. Dengan begitu Anda akan mendapatkan aquascape pilihan Anda yang benar – benar bisa hidup dan terlihat seperti alami tanpa ada buatan dan campur tangan manusia. Maka dari itulah selalu ciptakan suasana yang lebih alami dalam aquascape Anda, sehingga bisa membuat aquascape Anda menjadi terlihat lebih sempurna.

No comments:

Post a Comment