Wednesday, February 17, 2016

Beberapa Jenis Tanaman untuk Aquascape

Beberapa jenis tanaman untuk aquascape. Jika anda baru pertama memiliki akuarium, dan masih bingung untuk menghias akuarium tersebut, mungkin kami bisa sedikit membantu anda. Jika anda inign membuat akuarium anda terlihat alami, tentu saja anda bisa mnggunakan bahan yang alami juga, selain itu ikan – ikan juga akan lebih menikmati keberadaan penghias tersebut karena mereka merasa seperti di alam bebas. Dan berada di surga akuarium. Anda bisa menggunakan tanaman untuk menghias akuarium anda, namun tidak itu saja tanaman itu juga bisa digunakan untuk beberapa hal seperti :

• Sebagai karpet akuarium alami
• Sebagai tempat untuk bersembunyi ikan – ikan
• Menyembunyikan peralatan akuarium yang diperkirakan akan membuat tampilan menjadi kurang menarik
• Penyeimbang lingkungan akuarium
Sebagai pertimbangan untuk jenis tanaman untuk aquascape, anda bisa memilih tanaman yang cenderung kuat, dan juga tidak membutuhkan perawatan khusus yang ribet. Dan untuk pemilihan warna dari tanaman lebih baik jika berwarna hijau, selain lebih terlihat alami, juga terlihat lebih segar dari tanaman – tanaman dengan warna lain. Selain itu tanaman hijau tidak memerlukan sinar matahari yang banyak, karena jika akuarium terkena cahaya terlalu banyak akan menyebabkan tumbuhan alga tumbuh lebih cepat dan tentu saja akan menganggu dan berdampak negative terhadap lingkungan akuarium. Dan tentunya hal tersebut akan memakan waktu anda untuk merawat ataupun membersihkan tanaman – tanaman alga tersebut. 
Tanaman untuk karpet dan foreground Untuk tanaman jenis ini cenderung lebih kecil dan menyebar dibandingkan tanaman tinggi. Mereka akan cenderung menyebar dan membentuk karpet di dasar akuarium.
1. Higrophyla Difformis ( Water Histeria )
Water histeria adalah tanaman yang cepat tumbuh, cepat ,menambah kedalaman dan keindahan dasar akuarium, selain itu tanaman ini juga memiliki perawatan yang mudah. Tanaman ini sangat rekomended untuk anda gunakan
2. Java Moss
Java moss adalah tumbuhan yang lumayan populer untuk akuarium. Tanaman ini minim perawatan, dan biasanya tumbuhan ini tumbuh di kayu apung ( drift wood ) dan batu.
3. Lilaeopis
Tanaman ini menyerupai rumput dan bisa tumbuh hingga 5 cm. Menyebar dengan cepat dan menyebar di seluruh dasar akuarium.
4. Mazon Sword
Tanaman ini memilliki daun yang menyerupai pedang. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 50 cm, dan sangat direkomendasikan untuk background akuarium.
5. African Water Fern (Bolbitis)
Tanaman ini adalah tanaman yang multifungsi, tanaman ini bisa jadi background, dan foreground.
6. Java Fern
Jenis tanaman untuk aquascape yang satu ini adalah tanaman yang indah dan minim perawatan, tanaman ini juga bisa digunakan di seluruh area akuarium.
7. Green Tiger Lotus
Tanaman ini adalah tanaman yang memiliki daun lebar, dan tidak memerlukan banyak perawatan. 
8. Anubias Nana
Tanaman ini bisa tumbuh hingga 15 cm, dan tanaman ini hanya memerlukan sedikit perawatan, tanaman ini sangat direkomendasikan untuk pemula.
9. Cryptocoryne Becketti
Sama halnya tanaman akuarium lain, tanaman ini sangat mudah di rawat dan merupakan tumbuhan yang pas untuk hiasan di akuarium.
Jika anda ingin memiliki jenis tanaman untuk aquascape yang indah dan rendah perawatan, anda bisa memilih salah satu dari tumbuhan tersebut. Dengan perawatan yang cenderung mudah tanaman tersebut akan tumbuh memperindah akuarium anda. Jangan lupa anda harus bisa menyesuaikan suhu dari akuarium tersebut, agar tidak tumbuh tanaman – tanaman alga yang akan mengganggu keindahan akuarium anda.




No comments:

Post a Comment