Thursday, February 18, 2016

Cara Membuat Air Terjun Aquascape Sederhana


Cara membuat air terjun aquascape sederhana. Apakah anda semua pernah melihat akuarium yang didalamnya terdapat semacam bukit yang ada air terjunnya?. Jika sudah pernah pasti anda terpukau dengan keindahannya bukan. Air terjun ini biasa di sebut air terjun aquascape. Air terjun ini memang dibuat untuk memperindah tampilan dari aquarium. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara membuatnya, sebenarnya kita bisa membuat sendiri air terjun aquascape tersebut dengan bahan – bahan yang cukup sederhana. Pada kesempatan kali ini mari kita cari tahu bahan apa saja, dan bagaimana cara untuk membuat air terjun aquascape sederhana yang bisa kita lakukan di rumah. 
Pada dasarnya, yang kita lihat sebagai air terjun di dalam aquarium itu bukanlah air, tetapi pasir putih yang jatuh terus – menerus sehingga terlihat seperti air terjun. Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana bisa pasir terus menerus mengalir dan jatuh seperti air. Sebenarnya tentang pengetahuan umum fisika tentang tekanan yang bekerja pada zat cair, hal seperti itu bisa dijelaskan secara logis dan mudah tentunya. Tapi daripada kita pusing memikirkan tentang teori fisika lebih baik kita lihat dan pelajari saja bahan dan cara membuat air terjun aquascape indah yang berada di dalam akuarium ini. 
Sebelum kita melihat cara membuatnya, sekarang kita cari tahu dulu bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat air terjun aquascape ini. 

Bahan Untuk Membuat Air Terjun Aquascape

1. Pipa berukuran 1 inchi dengan ukuran 25 cm atau mungkin terserah anda ingin ukuran berapa untuk menentukn tinggi air terjunnya.

2. Sambungan pipa untuk belokan obeng ( untuk membuat lubang pada pipa)

3. Selang aerator media penutup (untuk menutupi pipa paralon serta jadi media jatuhnya pasir, dapat batu – batuan, kayu atau apa saja yang sekiranya bisa memperindah) 

4. Aerator (pembangkit hawa/gelembung) 

Jika peralatan dan bahan – bahan tersebut siap , sekarang mari kita lihat langkah – langkah atau cara membuat air terjun aquascape. 

Proses atau tahap – tahap untuk membuat air terjun aquascape

1. Buat rongga di ujung paralon untuk tempat pasir

2. Buat lubang seukuran selang di pojok ( tengah ) sambungkan belokan paralon PVC dengan besi atau obeng yang dipanaskan.

3. Masukkan selang dari lubang tersebut lalu tarik hingga ujung pipa.

4. Gunakan aerator di ujnung selang serat taruh di ujung bawah pipa paralon PVC

5. Yakinkan ujung aerator berada sejajar dengan ujung pipa PVC

6. Lalu untuk mengujinya, masukkan ke dalam air, jika aerator dapat menyemburkan air, berarti sistemnya berjalan baik, dan alat itu sudah siap di pakai. Jika sudah letakkan ujung bawah paralon di pasir putih yang lembut, maka ari terjun aquascape sudah jadi, dan bisa anda lihat keindahannya. 

Itu tadi bahan dan cara atau tahap untuk membuat air terjun aquascape, cukup sederhana dan anda bisa membuatnya dirumah anda. Kedetailan dan kerapihan sentuhan anda akan menentukan keindahan dari air terjun aquascape tersebut. Demikian tips atau cara membuat air terjun aquuascape yang bisa kami bagikan, semoga anda bisa lekas mempraktekannya di rumah, dan semoga dengan karya anda sendiri anda bisa membuat akuarium dan rumah anda lebih indah. Karena keindahan rumah anda, ada di tangan anda sendiri, semoga berguna dan bermanfaat untuk anda semua.


No comments:

Post a Comment