Thursday, February 18, 2016

Peluang Bisnis Aquascape


Peluang bisnis aquascape. Siapa yang tidak tahu dengan benda yang bernama akuarium. Kebanyakan orang pasti sudah tau dan pernah melihat akuarium. Bagaimana jika akuarium itu di tata dan di desain dengan rapi, baik tumbuhannya dasarnya, hingga ikan – ikannya, pasti akan menghasilkan sesuatu yang indah tentunya. Dan pastinya akan sangat indah jika di taruh atau berada di dalam rumah ataupun di luar rumah anda. Bagi para penggemar akuarium dengan ikan dan hiasan tumbuhan, atau yang lebih tenar dengan nama aquascaping ini tentunya ini bukan sesuatu yang asing. Hal ini lebih dari yang kebanyakan orang bayangkan, bahkan menurut sebuah survey, hobi ini adalah hobi paling diminati nomer dua didunia setelah fotografi. 

Akhir – akhir ini tersebar banyak sekali akuarium di seluruh dunia dan tentu saja jumlahnya terus bertambah, tidak terkecuali di indonesia. Jenis akuarium atau lebih trend dengan nama aquascape ini memiliki dua jenis yaitu jenis akuarium air tawar dan akuarium air laut, atau air asin. Namun menurut banyak pengalaman akuarium air laut lebih susah dalam perawatannya, kita harus benar – benar rajin mengganti airnya, setidaknya dalam satu sampai tiga bulan sekali, dan tentu saja kita harus mengambil airnya dilaut. Namun untuk memiliki aquascape air tawar juga bukan hal yang mudah, apalagi untuk bisa memiliki miniatur ekosistem yang sesuai dengan yang kita inginkan. Tidak hanya indah, namun aquascape juga bisa dijadikan peluang bisnis. Peluang bisnis aquascape ini meliputi dua hal.

Yang pertama adalah jasa design atau setting aquascape itu sendiri, yaitu menjual produk aquascape yang sudah jadi, mulai dari desain kita sendiri, semua tumbuhan, ikan, aksesoris dan sebagainya sehingga akuarium tersebut sudah terlihat keindahannya dan para pembeli tinggal memasang dan menikmati keindahan dari aquascape tersebut.

Yang kedua adalah kita bisa mejual ikan dan tanamannya, tentunya dengan kita membudidayakannya. 

Selain itu juga kita bisa menjual segala macam peralatan, aksesoris, pakan, ataupun segala sesuatu yang bisa membuat akuarium tersebut semakin indah.  Jadi sebenarnya banyak peluang usaha dari hobi ini, tinggal bagaimana kita melihatnya. 

Konsumen dari bisnis aquascape ini mulai dari rumah – rumah pribadi kalangan bawah hingga menengah, dan bahkan kalangan menengah keatas. Restoran, hotel ataupun tempat – tempat usaha lain, yang jelas tempat – tempat yang membutuhkan suasana alami, tenang, damai dan asri, bisa menjadi konsumen dari aquascape ini. Selain itu juga ada dari kalangan perkantoran, aktifitas dan penat selepas bekerja bisa berkurang saat kita menikmati keindahan dari aquascape ini. Selain itu orang juga akan betah berlama – lama memandangi aquascape yang indah dan seakan – akan hidup dengan ekosistem buatan kita sendiri.

Biasanya customer yang berasal dari perkantoran dan juga hotel atau restoran tidak akan mempermasalahkan harga yang ditawarkan selama kualitasnya sesuai dengan yang diharapkan. Mulai dari harga 500 ribu hingga 8 juta, customer sudah bisa membawa satu set aquascape atau akuarium yang sudah komplit dengan berbagai ukuran yang tentunya semakin mahal harganya semakin besar dan indah akuarium tersebut. Bagi yang ingin memulai bisnis aquascape, anda bisa memulainya sekarang, dan jika anda sudah menjadi desainer aquascape profesional anda bisa menjadi konsultan aquascape bagi mereka yang baru ingin membuat aquascape itu sendiri. 

Demikian tadi sedikit penjelasan tentang peluang bisnis aquascape, semoga dengan sedikit penjelasan tadi anda semakin siap dan mantap untuk memulai bisnis ini.

No comments:

Post a Comment