Monday, March 6, 2017

Cara Menanam Emersed di Luar Air


Bagi anda para pecinta aquascape mungkin sering dibuat bingung bahkan stres karena tanaman air yang anda beli ketika akan ditanam didalam tangki/tank  yang ada tanaman itu malah  mati. Hal ini mungkin disebabkan karena ada beberapa tanaman yang biasa digunakan untuk  aquascape  yang memang  hanya bisa tumbuh didaerah yang kering saja. Metode  ini  biasanya disebut dengan metode emersed atau DSM (Dry Start Method). Emersed ini merupakan cara menanam dengan cara kering diluar air/tank biasanya penanaman dilakukan didaratan kalaupun didalam tank sebaiknya tanpa diisi air. Salah satu tanaman aquascape yang cocok menggunakan cara menanam emersed ini adalah mos jenis fissiden.

Sebenarnya cara menanam emersed ini terbilang tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan. Karena tidak memerlukan perlakuan khusus hanya saat menanamnya di darat bukan di air. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya.

Bentuk layout  tank atau  akuarium sesuai dengan keinginan kita menggunakan batu dan pasir saja tanpa menggunakan pupuk sebagai dasarnya karena yang akan kita tanam adalah mos.

Kemudian basahi batu dan pasir dengan cara menyemprot air secukupnya saja.

Blender mos sampai menjadi bubur. Kemudian bubur mos tadi diletakkan di batu dengan cara diletakkan saja tanpa perlu dilem dan jangan lupa letakkan di pasir juga hal ini berguna untuk membuat karpet mos.

Lalu tutup akuarium tadi hal ini berguna juga agar tanaman bisa beradaptasi pada saat diisi air nantinya. Proses penutupan ini dilakukan selama satu pekan. 

Setelah satu pekan mos akan tumbuh dan siap diisi dengan air

Yang perlu diingat dari cara menanam emersed ini adalah bahwa media yang digunakan berada di darat dengan menggunakan cara kering. Sehingga selama proses penanaman jangan kalian campur dengan air. Biarkan tanaman ini tumbuh dulu kemudian setelah tumbuh baru kalian bisa menambahkannya dengan air. Karena bila tank diisi dengan air pada saat  proses penanaman dapat dipastikan  bahwa  tanaman tersebut  tidak  akan dapat tumbuh alias gagal total.

1 comment:

  1. Asalamualaikum mas,,saya mau tanya,,saya tanam monte carlo dan hg dengan cara emersed,awal beli tanaman sangat segar,pas sudah di tanam daun bawah nya menguning,,apakah hal tersebut wajar mas?karna adaptasi,,tank saya uk 50x32x35,pake aqua starter>rumah bakteri>pupuk dasar>pasih malang kira2 tebal 3cm lalu bagian atas nya pake soil ultimate,,saya pake lampu diy led 36 watt,tank di tutup rapat pake plastik,,2x sehari saya spray pagi dan sore,penerangan sekitar 8-9 jam,juga pake pupuk cair dengan di masukan ke botol semprotan 1 tts untuk 1 ltr,,apakah hal tersebut wajar mas.?atau ada yang kurang persyaratnya,?,mohon pencerahan nya mas,,hal tersebut sangat mengganggu fikiran saya,kerja jdi tidak fokus karna kefikiran terus

    ReplyDelete