Wednesday, March 8, 2017

Tips dan Cara Menanam di Pot


Bagi anda pecinta tanaman, pastinya anda tidak ada habisnya untuk mengoleksi beberapa tanaman yang bisa anda rawat di rumah. Namun, bagi anda yang tidak memiliki banyak lahan untuk mengoleksi beberapa jenis tanaman anda bisa menggunakan beberapa alternatif agar nantinya anda tetap bisa menmbudidayakan tanaman. Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar tetap bisa mengoleksi beberapa jenis tanaman walaupun memiliki lahan yang terbatas adalah dengan cara menenam di pot. Pot adalah salah satu media bercocok tanam yang paling banyak digunakan. Ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat pot. Ada yang terbuat dari tanah liat, ada yang terbuat dari plastik, dan ada juga yang terbuat dari semen.

Berikut ini adalah cara menanam di pot agar nantinya tanaman bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih pot dan media tanam yang tepat sesuai dengan tanaman yang akan ditanam pada pot. 

2. Pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang yang cukup. 

3. Anda bisa mengisikan media seperti tanah ke dalam pot sekitar 1/3 bagian dari pot tersebut.

4. Anda bisa mulai memasukkan tanaman ke dalam pot, namun yang perlu anda perhatikan adalah tanaman yang akan dipindah ke pot, harus tetap menempel pada tanah sebelumnya, fungsinya, agar tanaman bisa beradaptasi dengan baik saat berada di tanah yang baru.

5. Setelah tanaman sudah diletakkan di media yang baru, maka secara perlahan anda bisa menaruh media tanah diatasnya secara perlahan. Namun yang harus anda perhatikan adalah jangan sampai mengisi tanah ke dalam pot hingga penuh, karena nantinya saat melakukan penyiraman, media tanah tidak tumpah ke mana-mana. anda harus menyisakan sekitar 2 cm tanah dari bibir pot. 

6. Setelah proses pengepotan selesai, maka anda bisa mulai menyiram tanaman tersebut 

Itulah beberapa cara menanam di pot agar nantinya tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Bagaimana? caranya cukup mudah bukan? semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment