Wednesday, March 15, 2017

Cara Menanam Fissiden yang Tepat


Fissiden adalah tanaman yang bisa dibilang bebas perawatan, tanaman yang berasal dari Amerika ini adalah moss yang pertumbuhannya bisa dibilang sangat lambat. Fissiden pertama kali ditemukan pada tahun 2000 di Amerika Utara, dan sejak itulah moss ini dikenal di Aquascape hingga menyebar diseluruh dunia yang menggantikan Java Moss, christmas moss dan juga willow moss. Untuk jenis tanaman moss sendiri adalah tanaman yang tidak banyak menuntut persyaratan agar dapat tumbuh, karena tanaman moss hampir tumbuh dalam kondisi apapun. Tidak terlalu memerlukan CO2, nutrisi ataupun pencahayaan, namun jika media tersebut tersedia dengan baik maka pertumbuhanya akan semakin lebih cepat pula. Cara menanam fissiden lumayan ribet apabila dilakukan oleh orang yang awam, namun juga tidak sulit apabila anda sudah terbiasa melakukanya. Namun anda memang harus teliti dan juga berhati-hati dalam melakukan proses penanaman, karena moss yang akan anda tanam di media pengikat umumnya akan sangat halus sekali. 

Fissiden fotanus atau yang biasanya lebih akrab disebut dengan tanaman moss mudah sekali menempel pada kayu ataupun pada batu, maka tak heran apabila tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias pengisi aquarium. Moss biasanya dijual dalam bentuk media batu, kayu, lempeng, ataupun dalam bentuk cup aqua dengan kantong berukuran ¼ kg dan juga ada yang dijual dengan kantong yang berukuran ½ kg. Berikut cara menanam Fissiden moss dan juga beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menanam atau mengikat moss pada media pengikat yang telah anda siapkan. 

1. Langkah pertama cara menanam fissiden moss adalah dengan cara menyiapkan media batu, lempeng, kayu ataupun kawat sebagai media rambat tumbuh untuk moss

2. Kemudian siapkan benang jahit atau bisa juga dengan benang pancing untuk mengikat moss pada batu ataupun media pengikat lainnya yang telah disiapkan

3. Kemudian siapkan semprotan air agar moss tetap basah dan segera tumbuh rimbun, jangan lupa untuk penyemprotanya dilakukan secara rutin agar proses pertumbuhannya semakin cepat dan juga maksimal.

No comments:

Post a Comment