Wednesday, March 8, 2017

Cara Menanam Empon-Empon dengan Mudah


Empon-empon merupakan bumbu dapur yang sangat penting digunakan saat memasak. Jika tidak ada empon-empon maka masakan yang dibuat tidak akan sedap. Empon-empon itu sendiri terdiri dari jahe, kencur, kunyit, laos, dan masih banyak lagi. Di Indonesia tanaman empon-empon sudah cukup banyak. Dan adanya empon-empon yang ada di Indonesia inilah sehingga menjadi salah satu alasan Belanda ingin menjajah Indonesia dan ingin menguasai seluruh wilayah Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya. Namun, selain digunakan untuk bahan dasar makanan, ternyata empon-empon juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Contohnya adalah kunyit, yang digunakan untuk meredakan sakit panas. Ada juga temulawak yang digunakan untuk mengobati asam urat. Bagi anda yang sudah tahu apa saja manfaat yang ada pada empon-empon, tidak ada salahnya jika anda memiliki tanaman empon-empon itu sendiri dengan cara menanam empon-empon itu sendiri di rumah dan dijadikan sebagai toga atau tanaman obat keluarga.

Berkut adalah beberapa cara menanam empon-empon dengan mudah.

1. Pertama siapkan lahan atau media tanam untuk empon-empon. Anda bisa memilih jenis tanah yang gembur dan subur. 

2. Kedua adalah dengan memilih bibit empon-empon. Anda bisa memilih bibit empon-empon yang baik, cirinya adalah daunnya berwarna hijau segar.

3. Cara yang ketiga adalah dengan proses menanam bibit empon-empon ke dalam media tanah yang sudah disiapkan sebelumnya. Bisa dimulai dengan membuat lubang pada tanah lalu masukkan bibit empon-empon ke dalam tanah tersebut, tanpa memisahkan tanah yang sebelumnya sudah menempel pada bibit. Fungsinya agar empon-empon bisa beradaptasi pada tanah yang baru dengan sempurna.

4. Setelah dilakukan proses penanaman, maka kini saatnya anda harus merawat tanaman empon-empon tersebut dengan cara menyiramnya secara teratur. 

Setelah semua cara di atas dipraktikkan dengan benar, maka nantinya dalam kurun waktu 10 bulan, anda sudah bisa memanen hasil empon-empon yang anda rawat selama ini. Bagaimana? cukup mudah bukan cara menenam empon-empon di rumah? semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment