Wednesday, March 8, 2017

Sukses Cara Menanam Eceng Gondok


Anda pastinya sudah tidak asing dengan tanaman eceng gondok? biasanya enceng gondok hidup di air dengan liar. Tapi tahukah anda bahwa ternyata eceng gondok memiliki bunga yang sangat indah, tanaman enceng gondok bisa anda gunakan sebagai tanaman hias. Selain itu tanaman enceng gondok juga bisa anda gunakan untuk kerajinan membuat tas. Caranya dengan mengeringkan tanaman enceng gondok, dan nantinya akan diproses lebih lanjut untuk dibuat sebuah kerajinan tas yang cantik. Pernahkah anda berfikir untuk membudidayakan enceng gondok? Bagi anda yang memiliki sebuah kolam atau koleksi berbagai ikan-ikan, maka tanaman enceng gondok bisa anda budidayakan untuk mengisi kolam ikan tersebut. Ternyata enceng gondok memiliki banyak manfaat untuk perkembangan ikan-ikan yang ada di dalam kolam, diantaranya adalah sebagai tempat berteduh ikan, enceng gondok juga bisa mengendalikan pertumbuhan lumut yang ada di dalam kolam. Dan masih banyak lagi fungsi enceng gondok lainnya. Jadi, tidak ada salahnya anda mengetahui cara menanam enceng gondok yang ternyata memiliki banyak manfaat dibaliknya.

Untuk cara menanam eceng gondok itu sendiri sangatlah mudah, 

1. Pertama anda hanya tinggal mengambil bibit enceng gondok, dan meletakkannya pada kolam atau permukaan air.

2. Nantinya tanaman eceng gondok akan menyebar pada sekeliling kolam. Enceng gondok tua memiliki akar yang berwarna hitam, sedangkan untuk enceng gondok yang masih muda memiliki akar yang berwarna putih. Akar enceng gondok termasuk akar yang panjang dan berat, biasanya para ikan senang jika berlindung di bawah akar enceng gondok. Selain itu akar enceng gondok juga bisa menyerap kotoran yang ada di dalam air, jadi enceng gondok secara tidak langsung bisa menjernihkan dan memurnikan air. 

Ternyata banyak sekali bukan manfaat yang diberikan enceng gondok yang selama ini kita anggap remeh ini. Apakah anda tertarik untuk menerapkan cara menanam enceng gondok seperti di atas? bagi anda yang memiliki sebuah penangkaran ikan dan sejenisnya, maka anda bisa mempraktikkan cara ini. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda. 


























1 comment: