Wednesday, March 8, 2017

Ketahui Cara Menanam di Lahan Sempit


Bagi sebagian orang beranggapan bahwa aktivitas tanam menanam sangat identik dengan lahan yang luas. Namun, ternyata hal tersebut adalah salah. Anda masih tetap bisa melakukan aktivitas bercocok tanam walaupun anda tidak memiliki lahan yang luas. Semakin berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak dikembangkan berbagai media untuk bercocok tanam, walaupun anda memiliki lahan yang sangat sempit. Berikut adalah beberapa informasi terkait dengan cara menanam di lahan sempit.

Berikut adalah 3 cara menanam di lahan sempit yang bisa anda praktikkan di rumah.

1. Teknik hidroponik

Sama seperti namanya bahwa hydro di sini memiliki arti air, sehingga teknik menanam hidroponik adalah bercocok tanam di atas permukaan air. Air yang digunakan juga telah harus mengandung unsur hara yang sangat penting keberadaannya untuk tanaman. Cara membuatnya adalah sebagai berikut

a. Siapkan botol bekas dan belah menjadi 2 bagian. 
b. Anda bisa melubangi botol pada bagian leher untuk memasang sumbu. 
c. Setelah itu anda bisa memasukkan media tanam seperti serpihan bata, sekam dan lain sebagainy. 

Hal ini berfungsi agar tanaman yang di tanam nanti tidak mudah tumbang. 

d. Setelah itu anda bisa memasukkan bibit tanaman yang ingin anda tanam

2. Teknik tabulampot

Teknik tanam yang satu ini adalah menanam buah dalam pot, nantinya metode tabulampot ini harus bisa memasok nutrisi pada tanaman sekaligus untuk menyimpan air. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

a. Siapkan media tanam seperti pot yang terbuat dari tanah liat atau kayu, dan isi dengan beberapa komposisi seperi sekam, tanah, dan pupuk kompos.

b. Letakkan tanaman di tempat yang terbuka agar langsung terkena sinar matahari. 

3. Teknik Aeroponik

Teknik yang ketiga ini memanfaatkan udara sebagai media bercocok tanam. Nantinya anda bisa menyemprotkan air yang berisi unsur hara langsung ke akar tanaman. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

Siapkan gabus yang sudah dilubangi, kemudian anda bisa lansgung menanam pada lubang yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk memberikan sprinkler agar nantinya tanaman bisa disemprot dengan air yang sudah mengandung unsur hara.

Itulah beberapa cara menanam di lahan sempit yang bisa anda praktikkan. Bagaimana ? cukup mudah bukan caranya?. Semoga informasi di atas bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki lahan tanah yang sempit. 

No comments:

Post a Comment